Kemendes PDTT: Program Transmigrasi Tingkatkan Kesejahteraan Daerah Tujuan

| Rabu, 28/09/2022 18:03 WIB
Kemendes PDTT: Program Transmigrasi Tingkatkan Kesejahteraan Daerah Tujuan Sesditjen PPKTrans Kemendes PDTT Sigit Mustofa Nurudin (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Sigit Mustofa Nurudin mengatakan, program transmigrasi di berbagai daerah memberikan dampak positif dan meningkatkan kesejahteraan.

Salah satunya di Kabupaten Mamuju Tengah (Mateng) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang mampu semakin berkembang daerahnya serta meningkat kesejahteraan masyarakatnya.

“Ibukota Provinsi Sulawesi Barat sendiri berkembang dari awalnya menjadi lokasi permukiman transmigrasi,” ujar Sigit Mustofa Nurudin  di Mateng, Sulbar, Selasa (27/9/2022).

Menurut Sigit, Kabupaten Mateng dijadikan sebagai lokasi transmigrasi dengan beberapa pertimbangan, “Sebelum menerbitkan dokumen Siap Terima Penempatan (STP) dari Gubernur, diharapkan daerah tujuan dapat memastikan bahwa kondisi unit rumah transmigran, lahan usaha, fasilitas umum, dan SAB telah fungsional," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pembangunan Kawasan Transmigrasi, Nirwan Ahmad mengatakan bahwa syarat-syarat teknis juga ditentukan. Seperti yang berkaitan dengan lahan yang akan ditempati seperti layak huni, layak usaha, dan lain-lain. Beberapa hal tersebut telah diatur Kemendes PDTT dengan tujuan untuk menjamin terpenuhinya hak normatif transmigran.

“Sebelum penandatanganan naskah kerja sama antar pemerintah daerah, diharapkan daerah tujuan telah memastikan bahwa lokasi transmigrasi sudah memenuhi persyaratan 2C (Clear dan Clean) dan 3L (Layak Huni, Layak Usaha dan Layak Berkembang),” kata Nirwan.

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati Mamuju Tengah Muh Amin Jasa. Amin Jasa berharap agar adanya program transmigrasi di Mamuju Tengah mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya.

“Kami berharap masyarakat di Mateng akan hidup lebih sejahtera dengan adanya program transmigrasi”, ucap Amin Jasa.

Tags : Program Transmigrasi , Kemendes PDTT

Berita Terkait