Pemerintah: Kasus Monkeypox Mulai Melandai

| Jum'at, 30/09/2022 23:19 WIB
Pemerintah: Kasus Monkeypox Mulai Melandai Ilustrasi penyakit monkeypox (foto beritahaticom)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah kembali memperbarui data perkembangan Monkeypox di Indonesia. Per tanggal 28 September 2022, akumulasi dugaan kasus Monkeypox tercatat sekitar 75 kasus, terdiri dari 1 kasus konfirmasi, 1 kasus suspek, dan 73 kasus discarded.

“Dari 75 dugaan kasus tersebut, sekitar 73 kasus atau 97.3% hasilnya negatif Monkeypox. Sementara sisanya, yakni 1 pasien terkonfirmasi positif dan telah dinyatakan sembuh per 4 September, dan 1 lagi masih proses pemeriksaan,” kata Juru Bicara COVID-19, dr.Mohammad Syahril dalam keterangannya, Jumat, 30 September 2022.

Syahril menyampaikan bahwa secara keseluruhan tren kasus Monkeypox di Indonesia masih tetap terkendali, “Secara keseluruhan memang terjadi sedikit peningkatan, namun jumlahnya tidak signifikan. Intinya penyakit Monkeypox ini masih tetap terkendali hingga saat ini,” ujarnya.

Begitu juga tren kasus Monkeypox di seluruh dunia juga cenderung melandai. estimasi kasus konfirmasi Monkeypox mencapai 67.539 kasus dengan total kematian 27 orang tersebar di 105 negara.

Meski Monkeypox di level nasional dan global cenderung terkendali, Syahril mengimbau masyarakat selalu waspada,”Mari kita tetap berkomitmen untuk menjaga jarak, menggunakan masker dan menjaga kebersihan diri dengan rutin mencuci tangan pakai sabun,” tukasnya.

Tags : Monkeypox , Cacar Monyet

Berita Terkait