Kemnaker Terus Tingkatkan Pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja

| Rabu, 19/10/2022 15:53 WIB
Kemnaker Terus Tingkatkan Pemahaman Keselamatan dan Kesehatan Kerja Gedung Kemnaker (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus meningkatkan pemahaman tentang pentingnya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ke para pekerja dan masyarakat luas.

"Tentunya pemahaman akan K3 tersebut dapat terwujud apabila kita dapat memenuhi komitmen untuk mematuhi semua peraturan yang ada," kata Binwasnaker dan K3, Kemnaker, Haiyani Rumondang di Jakarta, Rabu, 19 Oktober 2022.

Haiyani mengungkapkan, kebutuhan terhadap K3 tidak akan pernah surut di tengah makin masifnya industrialisasi. Selain adanya kesadaran dari masyarakat industri baik pengusaha maupun pekerja, diperlukan ahli K3 yang mumpuni secara ilmu maupun mental agar dapat memastikan pelaksanaan K3 berjalan sesuai yang diharapkan.

Selama pandemi COVID-19, lanjut Haiyani, telah banyak metode pembinaan K3 yang dikembangkan, yakni dengan metode pembinaan secara campuran antara daring maupun luring yang tentunya disesuaikan dengan jenis-jenis pembinaan.

"Pembinaan ahli K3 dan auditor Sistem Manajemen K3 (SMK3) memang dapat dilaksanakan secara daring, namun untuk bidang mekanik, dibutuhkan praktek dalam pemeriksaan maupun pengujian dan praktek mengoperasikan peralatannya tetap dilaksanakan secara luring," ungkapnya.

Tags : K3 , Kemnaker , Hak Dasar , ILO

Berita Terkait