Presiden Jokowi Apresiasi Kehadiran Turki di KTT G20 Bali

| Senin, 14/11/2022 20:36 WIB
Presiden Jokowi Apresiasi Kehadiran Turki di KTT G20 Bali Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyib Erdogan (foto: setpres)

RADARBANGSA.COM - Jelang pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan pemimpin G20 20.

Dilansir presidenri, Presiden Jokowi melakukan pertemuan  dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden, PM Jepang Fumio Kishida dan Presiden Komisi Eropa, Ursula Von Der Leyen.

Terbaru Presiden Jokowi melakukan pertemuan dengan Presiden Turki, Recep Tayyib Erdogan di The Apurva Kempinski Bali, Senin, 14 November 2022.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi kepada Turki yang terus berkontribusi agar G20 tetap dapat bekerja. “Terima kasih atas kehadirannya di KTT G20. Bagi Indonesia, G20 harus dapat menghasilkan kerja sama konkret,” ucapnya.

Terkait hubungan bilateral, Presiden Jokowi mendorong kedua negara terus mengupayakan perundingan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif (CEPA), yang didalamnya mencakup kesepakatan perdagangan besar, segera diselesaikan.

“Kita harus instruksikan kepada para perunding agar hambatan yang ada segera dicarikan solusi yang bisa diterima kedua belah pihak dan perjanjian segera dirampungkan,” ucap Presiden Jokowi.

Kedua Presiden juga mencatat kemajuan dalam hubungan bilateral kedua negara dengan telah ditandatanganinya sejumlah perjanjian strategis antar pemerintah maupun antar pelaku usaha yang meliputi perjanjian di bidang pertahanan, kehutanan, lingkungan hidup, riset-teknologi dan inovasi serta perjanjian kerjasama pembangunan.

Sementara kesepakatan antar pelaku usaha meliputi kesepakatan kerjasama produksi bus listrik di Indonesia antara Karsan dengan Credo Group serta kesepakatan untuk pembangunan Jalan Tol Trans-Sumatera.

Tags : Presiden Jokowi , KTT G20

Berita Terkait