Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Layani 34 Penerbangan VIP Delegasi KTT G20

| Selasa, 15/11/2022 17:24 WIB
Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali Layani 34 Penerbangan VIP Delegasi KTT G20 Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau saat tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Gelaran Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 telah resmi dibuka oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di The Apurva Kempinski Bali, Kabupaten Badung, Bali, pada Selasa (15/11/2022).

Total ada 38 pemimpin delegasi dan organisasi internasional yang hadir dan mengikuti gelaran pertemuan bergengsi tersebut.

Dilansir laman angkasapura I, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani kedatangan 34 pesawat VIP delegasi KTT G20 pada rentang waktu pada 13-15 November 2022.

Direktur Utama Angkasa Pura Airports Faik Fahmi mengatakan, pada tanggal 13 November, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali melayani kedatangan 7 pesawat VIP delegasi KTT G20, dengan rincian 5 pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Indonesia, Rusia, Amerika Serikat, Jepang, dan Korea Selatan, serta 2 pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Perancis dan Amerika Serikat.

Lalu, pada 14 November, sebanyak 25 pesawat VIP delegasi KTT G20, dengan rincian 19 pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Senegal, Turkiye, Uni Emirat Arab, Australia, Rwanda (2 pesawat), Kanada, Republik Rakyat Tiongkok, Argentina, Perancis, Afrika Selatan, Britania Raya, Kamboja, Spanyol, Italia, India, Jerman, Singapura, dan Belanda, serta 6 pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Turkiye, Uni Emirat Arab (2 pesawat), Republik Rakyat Tiongkok, Spanyol, dan Australia.

“Di tanggal 15 November, terdapat kedatangan 2 pesawat VIP delegasi KTT G20 dengan rincian 1 pesawat VIP delegasi kategori utama dari negara Arab Saudi, serta 1 pesawat VIP delegasi kategori pendamping dari negara Arab Saudi,” kata Faik Fahmi.

"Dapat kami sampaikan juga bahwa keseluruhan pesawat VIP delegasi KTT G20 yang mengangkut kepala negara dan/atau kepala pemerintahan negara anggota G20 dan undangan sudah tiba di Bali,” tambahnya.

Menurut Faik Fahmi, sesuai dengan rencana operasional penanganan pesawat VIP delegasi KTT G20, sebagian pesawat ada yang ditempatkan atau Remain Over Night (RON) di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, serta ada yang ditempatkan di 8 bandara Angkasa Pura Airports lainnya yang ditetapkan sebagai bandara lokasi penempatan pesawat VIP Delegasi KTT G20.

“Kami turut mengucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh instansi yang terlibat dari awal perencanaan operasional, hingga hari H penanganan kedatangan delegasi," ucapnya.

Tags : KTT G20 , Presiden Jokowi , Presidensi G20

Berita Terkait