Pukul Gong Sebanyak 9 Kali, Gus Halim Luncurkan BUMKALMA Sleman

| Jum'at, 18/11/2022 16:47 WIB
Pukul Gong Sebanyak 9 Kali, Gus Halim Luncurkan BUMKALMA Sleman Gus Halim meluncurkan BUMKALMA di Kabupaten Sleman (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar meluncurkan Badan Usaha Milik Kalurahan Bersama (Bumkalma) Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Jumat, 18 November 2022.

Peluncuran Bumkalma tersebut ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak sembilan kali. Hal ini sebagai simbol perjuangan merevisi masa jabatan kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun dalam satu periode.

"Saya pukul gongnya sembilan kali, bentuk perjuangan periode lurah jadi 9 tahun," kata Gus Halim.

Perubahan masa periode kepala desa dari 6 tahun menjadi 9 tahun dalam satu periode merupakan gagasan Gus Halim. Gagasan ini tidak menambah masa jabatan maksimal, hanya mengubah periodisasinya.

"Masa jabatan kepala desa 6 tahun kepala desa memang terlalu pendek. Karena konflik benar-benar terjadi di seluruh desa pascapemilihan kepala desa," ujar Gus Halim.

Selain periode kepala desa, Gus Halim juga mengusulkan sistem lumpsum untuk pertanggungjawaban Dana Operasional Pemerintah (DOP) desa yang bersumber dari dana desa.

"Ini sifatnya usulan karena yang berwenang Kemendagri. Kalau saya yang punya wewenang pasti sudah saya putuskan tiga bulan lalu," tukasnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait