Kemenkes Mobilisasi Nakes dan Logistik Bantu Penanganan Gempa Cianjur

| Selasa, 22/11/2022 21:52 WIB
Kemenkes Mobilisasi Nakes dan Logistik Bantu Penanganan Gempa Cianjur Gempa Cianjur (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memobilisasi tenaga kesehatan dan logistik kesehatan sebagai langkah tanggap untuk menangani korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Muhammad Syahril mengatakan gempa ini mengakibatkan korban luka serta meninggal di Kabupaten Cianjur, dan terdapat korban luka di Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor.

“Terdapat kerusakan di sejumlah fasilitas pelayanan Kesehatan. Saat ini masih dalam pendataan Kemenkes,” ujar Syahril.

Menurut Syahril tenaga medis yang dimobilisasi ke Cianjur adalah dari bidang kedokteran dan tenaga kesehatan (Biddokes) 22 nakes dan 1 ambulans, dari Kantor Kesehatan Pelabuhan 26 tenaga kesehatan dan 3 ambulans, RSUP Hasan Sadikin siap mengirimkan tim dan menyiapkan UGD untuk melayani pasien dari Cianjur, dari IDI 3 dokter spesialis bedah, 1 tim medis dan 1 ambulans, dari Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia (PABOI) 3 dokter spesialis bedah ortopedi, dan 5 petugas PSC (Public Safety Center) 119.

“Kemenkes juga memobilisasi logistik kesehatan berupa tenda rangka ukuran 6×12 meter, velbed, kit operasional HEOC, obat-obatan, masker, masker anak, APD, oksigen konsentrator, antigen kit, emergency kit, handscoon, body bag, pampers dewasa dan anak, paket kesling, family kit,” tukasnya.

Tags : Gempa Cianjur , BNPB

Berita Terkait