Kunjungi ANA Holding di Jepang, Menaker Ida Cek Aktivitas Pemagangan Ground Handling

| Kamis, 01/12/2022 19:15 WIB
Kunjungi ANA Holding di Jepang, Menaker Ida Cek Aktivitas Pemagangan Ground Handling Menaker Ida Fauziyah saat meninjau aktivitas pemagangan di ANA Holding, Narita, Jepang (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah melakukan kunjungan ke ANA Holding di Narita, Jepang, Kamis (1/12/2022).

Menaker Ida Fauziyah menyampaikan, kunjungan tersebut dalam rangka meninjau aktivitas Pemagangan Peserta bidang Ground Handling (Tata Operasi Darat) di Bandara Narita.

“Bidang Ground Handling merupakan salah satu perluasan bidang pemagangan yang baru untuk memenuhi kebutuhan kekurangan tenaga pemagangan sebanyak 2.000 orang,” kata Menaker Ida Fauziyah dalam rilisnya.

Menaker Ida menuturkan bahwa masa penempatan untuk bidang Ground Handling hanya 1 Tahun (Technical Intern Training 1B), namun peserta yang ditempatkan memiliki kemampuan Bahasa Jepang Level N4 - bersertifikat.

"Hal ini bertujuan agar peserta ketika tiba di Jepang akan dibimbing oleh Accepting Organization (AO) untuk mengikuti Ujian Kompetensi Specific Skill Workers (SSW), sehingga jika Lulus, Peserta dapat melanjutkan ke Program SSW selama 5 tahun," tuturnya.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap program penempatan peserta pemagangan bidang Ground Handling dapat melanjutkan Program SSW yang merupakan program ideal sebagai kelanjutan dari Program Pemagangan (Technical Intern Training Program/TITP).

"Di mana peserta selama setahun mengikuti pemagangan di perusahaan terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan Program SSW selama 5 tahun berikutnya tanpa kembali ke Indonesia," ungkapnya.

Tags : Menaker Ida Fauziyah , ANA Holding , Jepang

Berita Terkait