Buka Grand Final Festival Al Banjari, Gus Muhaimin: Jaga Tradisi Keagamaan

| Sabtu, 03/12/2022 20:40 WIB
Buka Grand Final Festival Al Banjari, Gus Muhaimin: Jaga Tradisi Keagamaan Abdul Muhaimin Iskandar (Ketua Umum DPP PKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Ribuan pecinta shalawat nabi padati gedung Graha Gus Dur, Surabaya, 3 Desember 2022. Mereka berkumpul untuk menyambut Ketua Umum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin serta mengikuti kegiatan "Gus Muhaimin Festival Al Banjari".

Ada 30 grup yang hadir dan mengikuti giat tersebut. Dari semua peserta sudah melalui penyaringan di setiap daerah yang terbagi dalam 6 zona se Jawa Timur.

Dalam sambutannya Gus Muhaimin mengatakan bahwa festival banjari ini diadakan semata-mata untuk menumbuhkan semangat terhadap seni keislaman di tanah air. Diakui atau tidak, seni lokal seperti al banjari masih menjadi perekat keutuhan bangsa dan negara. Oleh karenanya, perlu pemupukan agar tradisi lokal tetap terjaga dengan baik.

"Ini langkah cerdas. Ini yang disebut kekuatan kultur keagamaan yang mengakar dan tumbuh yang harus dijaga dan dikelola. Karena ini merupakan sendi masyarakat beragama, berbudaya, bernegara dan berbangsa," kata Gus Muhaimin, Sabtu, 3 Desember 2022.

Dengan semangat menjaga bangsa tersebut, cicit KH Bisri Syansuri ini mengadakan festival al banjari, agar pegiat terbangan tersebut tetap merasa diakui dan diapresiasi. Sehingga berefek domino menarik generasi muda sadar akan keunikan budaya Indonesia.

"Hari ini kami mencanangkan komitmen, bersama-sama menjaga tradisi budaya kita dalam melaksanakan barzanji diberbagai tempat," katanya.

Disisi lain, Ketua DPW PKB Jatim, Abdul Halim Iskandar sudah menyiapkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah. Hadiah tersebut ia katakan, sebagai bentuk apresiasi agar tradisi al banjari terus berkembang.

"Kita ambil tiga juara. Juara satu 15 juta, juara dua 12,5 juta dan juara tiga 10 juta. Semuanya plus trofi, rebana dan sertifikat," tuturnya.

Tidak hanya itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI ini mengatakan, pihaknya juga akan mengambil juara harapan dengan hadiah uang pembinaan 7,5 juta untuk harapan pertama. Harapan kedua 5 juta dan harapan ketiga 2,5 juta.

"Semuanya juga plus trofi dan sertifikat. Kami juga mengambil vokal terbaik dengan hadiah uang pembinaan 5 juta rupiah," ujarnya.

Tags : Gus Muhaimin , Festival Al Banjari , Sholawat

Berita Terkait