Menkes Budi Optimis Target Imunisasi di Aceh Tercapai

| Selasa, 06/12/2022 19:01 WIB
Menkes Budi Optimis Target Imunisasi di Aceh Tercapai ilustrasi polio vaccine (foto: klikdokter)

RADARBANGSA.COM - Badan Kesehatan Dunia (WHO) telah mencanangkan Dunia bebas dari Polio di tahun 2026. Indonesia sendiri sudah mendapatkan sertifikat bebas Polio dari WHO pada 2014 lalu. Namun akibat rendahnya cakupan vaksinasi di Indonesia, kasus positif Polio kembali ditemukan di Kabupaten Pidie, Aceh.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, Provinsi Aceh merupakan salah satu daerah yang cakupan vaksinasinya rendah.

“Saya lihat data mana saja Provinsi maupun Kabupaten/Kota yang memang cakupan vaksinasi polionya rendah. Provinsi Aceh memang bukan yang paling rendah tapi termasuk yang rendah,” kata Menkes Budi G. Sadikin di Banda Aceh, Senin, 5 Desember 2022.

Menkes Budi menargetkan sebanyak 95% anak di Kabupaten Pidie, Aceh mendapatkan imunisasi polio dalam waktu sepekan. Untuk itu, ia mengajak masyarakat khususnya para orang tua yang memiliki anak usia 0-12 tahun untuk segera membawa anaknya ke fasilitas pelayanan kesehatan atau pos imunisasi terdekat supaya mendapatkan imunisasi polio. Menkes juga menghimbau supaya pemberian imunisasi polio dilakukan secara lengkap yakni sebanyak 4 kali imunisasi polio tetes dan 2 kali imunisasi polio suntik.

“Pesan saya kepada Bapak/Ibu para orang tua sekalian, pastikan anaknya itu diimunisasi Polio lengkap. Ada 4 kali Polio Tetes untuk anak usia 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan. Kemudian, 2 kali Polio Suntik untuk anak usia 4 bulan dan 9 bulan. Kenapa banyak? Karena tipe virusnya banyak, dan itu harus lengkap. Jika tidak lengkap maka berisiko terkena virus polio tersebut,” pesan Menkes Budi.

Sebagai informasi, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah melakukan imunisasi polio massal kepada anak-anak di Kabupaten Pidie yang telah dimulai sejak 28 November 2022 lalu.

Tags : Imunisasi Polio , Kemenkes

Berita Terkait