Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur Capai 602 Orang

| Rabu, 14/12/2022 23:34 WIB
Korban Meninggal Dunia Akibat Gempa Cianjur Capai 602 Orang Gempa Cianjur (foto: bnpb)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur, Jawa Barat mencatat jumlah korban meninggal dunia hingga hari ini telah mencapai 602 orang. Data tersebut dikumpulkan dari 13 Kecamatan yang terdampak gempa bumi beberapa waktu lalu.

Bupati Cianjur, Herman Suherman di Cianjur Rabu mengatakan pemerintah daerah tidak asal mengeluarkan data korban meninggal namun berdasarkan nama dan alamat sesuai pendataan ulang yang telah dilakukan karena banyak korban meninggal tidak terdata karena berbagai alasan.

"Saya bawa data lengkap dari 13 kecamatan yang warganya meninggal dunia menjadi 602 orang, sesuai nama dan alamat. Data tersebut setelah saya minta pihak desa melalui RT/RW untuk melakukan pendataan ulang sesuai nama dan alamat korban," ujarnya seperti dilansir dari antaranews, Rabu, 14 Desember 2022.

Herman menyebutkan korban meninggal akibat gempa paling banyak di Kecamatan Cugenang, sebanyak 397 orang dan paling sedikit di Kecamatan Mande, Haurwangi, Sukaresmi, serta Cikalongkulon yang masing-masingnya hanya satu orang orang meninggal akibat gempa. Sehingga pihaknya membantah kalau korban meninggal tidak berdasar karena sesuai dengan laporan dari masing-masing desa lengkap dengan surat kematian yang sudah diurus ahli waris.

Sebagian besar korban meninggal saat gempa terjadi akibat tertimpa bangunan rumah yang ambruk dan meninggal dalam perawatan.  "Pemkab sudah berkoordinasi dengan BNPB terkait penambahan data tersebut, sehingga adanya perbedaan data terakhir tidak perlu lagi diperdebatkan. Data korban meninggal juga sudah dilaporkan ke Kementerian Sosial agar keluarga yang ditinggalkan mendapat dana kerohiman," tandasnya.

Tags : Gempa Bumi , Cianjur , Pemerintah Kabupaten , Korban , Bantuan

Berita Terkait