Luncurkan Kampung Produktif, Menaker Ida Ingin Tingkatkan Kesempatan Kerja di Desa

| Jum'at, 16/12/2022 17:53 WIB
Luncurkan Kampung Produktif, Menaker Ida Ingin Tingkatkan Kesempatan Kerja di Desa Menaker Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah meresmikan pengembangan 'Kampung Kompeten Produktif' di Dusun Semilir, Ngemplak, Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Kamis (15/12/2022).

Dalam sambutannya, Menaker Ida Fauziyah berharap program pengembangan kampung kompeten produktif dapa diterapkan di masyarakat untuk meningkatkan perluasan kesempatan kerja dan kesejahteraan desa.

"Saya mengharapkan program pengembangan kampung kompeten produktif ini, dapat diterapkan di masyarakat, sehingga akan terwujud penerapan prinsip-prinsip produktivitas di masyarakat untuk meningkatkan produktivitas, perluasan kesempatan kerja, peningkatan kesejahteraan desa, dan meningkatkan pertumbuhan tenaga kerja yang produktif di desa," kata Menaker Ida Fauizyah.

Sementara itu, Dirjen Binalavotas Budi Hartawan mengatakan, melalui program ini, Kemnaker ingin meyakinkan semua pihak bahwa peningkatan produktivitas berjalan seiring atau simultan dengan peningkatan dan pertumbuhan ekonomi. Termasuk di dalamnya penurunan angka pengangguran serta peningkatan kualitas keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di wilayah masyarakat kampung.

"Program kampung kompeten produktif ini, bukanlah sekedar merefleksikan program peningkatan produktivitas untuk masyarakat kampung belaka. Lebih dari itu, program ini juga melambangkan spirit dan komitmen untuk terus membangun keunggulan kampung di tengah perubahan, " kata Budi Hartawan.

Program pengembangan kampung kompeten produktif pada tahun 2022 merupakan pilot project yang telah dilaksanakan di 10 lokasi. Yakni di kabupaten Kudus, Mojokerto, Madiun, Mamasa, Pekalongan, Dieng, Demak, Karawang, Semarang, dan kecamatan Tebet (Jakarta).

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah