Gus Halim Harap Mahasiswa KKN UGM Bantu Percepat Pembangunan Desa

| Jum'at, 16/12/2022 18:49 WIB
Gus Halim Harap Mahasiswa KKN UGM Bantu Percepat Pembangunan Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar melepas ribuan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Gadjah Mada di GOR Pancasila UGM Yogyakarta, Jumat (16/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Gus Halim-sapaan akrabnya menyampaikan bahwa peningkatan SDM desa adalah bagian terpenting dalam pembangunan desa. Peran perguruan tinggi dan mahasiswa melalui program KKN sangat diperlukan khususnya untuk membantu warga desa dalam memanfaatkan dana desa.

“Saya harap para mahasiswa UGM yang KKN di desa bisa membantu yang menjadi target percepatan pemerataan pembangunan,” jelas Gus Halim.

Menurut Gus Halim, setidaknya ada tiga hal yang menjadi target dan dikebut dalam pembangunan desa melalui dana desa yang digelontorkan pemerintah. Pertama adalah percepatan pemerataan pembangunan, karena pemerataan pembangunan menjadi salah satu prioritas oleh Presiden Jokowi.

Kedua, kata Gus Halim, percepatan pelayanan publik. Ia berharap kebutuhan apapun yang terkait dengan warga desa secepat mungkin bisa dilayani di tingkat desa dan maksimal pada level kecamatan.

Adapun target yang ketiga melalui dana desa adalah peningkatan sumber daya manusia. Pasalnya, kata Gus Halim, SDM merupakan bagian penting dari percepatan pencapaian tiga hal sebagaimana dibeberkan.

“Pemanfaatan potensi desa harus didukung dengan sumber daya manusia yang memadai,” katanya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait