SDGs Desa 2022, Gus Halim: Mayoritas Desa di Indonesia Ingin `Desa Tanpa Kemiskinan`

| Jum'at, 16/12/2022 19:06 WIB
SDGs Desa 2022, Gus Halim: Mayoritas Desa di Indonesia Ingin `Desa Tanpa Kemiskinan` Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) mengatakan, berdasarkan hasil data pencapaian SDGs Desa 2022 mengungkap mayoritas desa di Indonesia ingin mencapai goals kesatu, yakni desa tanpa kemiskinan.

“Kalau kita lihat prioritas utama di desa dengan merujuk pada SDGs Desa itu ada pada goals yang pertama. Jadi hampir semua desa berikhtiar atau membawa desanya menuju desa tanpa kemiskinan,” kata Gus Halim di Jakarta, Kamis, 15 Desember 2022.

Lalu, kata Gus Halim, di peringkat kedua yang ingin dicapai desa-desa di Indonesia adalah goals yang ketiga, yaitu desa sehat dan sejahtera. Sedangkan diperingkat ketiga desa-desa di Indonesia ingin menuju  goals kedua, yakni desa tanpa kemiskinan. Serta goals kesembilan diperingkat keempat, yakni infrastruktur dan inovasi desa sesuai dengan kebutuhan.

“Jadi diksi yang kita gunakan itu betul-betul membawa kepada sebuah konsep dan pemahaman yang berbasis masalah,” ujar Gus Halim.

Menurut Gus Halim, posisi SDGs Desa dalam melokalkan SDGs Global yaitu untuk mengisi ruang-ruang yang harus diisi seluruh level IDM. Sekaligus untuk menjawab langkah selanjutnya yang harus dilakukan pasca dalam satu desa sudah mencapai status desa mandiri. Ia berharap dengan SDGs Desa ini bisa memenuhi sebuah idiom Think Globally Act Locally.

“Jadi berpikir global beraktivitas lokal. Jadi cara berpikirnya makro, tapi pendeteksi masalahnya, datanya, penanganannya berskala mikro, artinya pada level desa,” ungkapnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait