Peringati Hari Migran Internasional, Ida Fauziyah: Jaga Terus Nama Baik Indonesia

| Senin, 19/12/2022 17:15 WIB
Peringati Hari Migran Internasional, Ida Fauziyah: Jaga Terus Nama Baik Indonesia Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah (foto: kemnakergoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah menghadiri Peringatan Hari Migran Internasional Tahun 2022 di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu, 18 Desember 2022.

Dalam sambutannya, Menaker Ida Fauziyah mengatakan, pandemi COVID-19 yang terjadi selama hampir 3 tahun telah mempengaruhi kondisi pasar kerja global, termasuk bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI). Namun, seiring membaiknya kondisi, seluruh stakeholders yang terlibat dalam proses penempatan harus bangkit dan meningkatkan kualitas perannya.

"Di hari yang berbahagia ini, dengan semangat bangkit bekerja, saya mengajak kepada semua stakeholder untuk bersama-sama terus menumbuhkan semangat kerja setelah hampir 3 tahun dalam keterpurukan COVID-19,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Menurut Menaker Ida, perbaikan kondisi pasar kerja global dapat dilihat dari semakin banyaknya negara yang membuka penempatan bagi PMI, di mana saat ini sebanyak 77 negara telah membuka penempatan bagi PMI. Perluasan pasar kerja ke luar negeri yang berdampak pada devisa negara bukanlah keberhasilan pemerintah semata. Namun merupakan keberhasilan bersama antara pemerintah dan para stakeholder baik pemerintah maupun swasta. 

"Kerja sama yang baik ini harus terus kita jaga, saling support dan saling bergandengan tangan dalam memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pahlawan devisa kita," katanya. 

Ida Fauziyah juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Migran Internasional kepada seluruh PMI di negara-negara penempatan, PMI purna penempatan, calon PMI, dan semua keluarga PMI. Ia berpesan agar terus menjaga kesehatan dan semangat untuk terus bangkit.

"Untuk para PMI yang di luar negeri saat ini, jaga kesehatan, spirit bangkit, spirit bekerja harus selalu ditanamkan dalam jiwa. Dan yang paling penting jaga nama baik Bangsa Indonesia," ujarnya. 

Tags : Hari Migran Internasional , Menaker Ida Fauziyah

Berita Terkait