Presiden Jokowi minta Dana Pengelolaan Lingkungan Hidup Fokus Urus Sampah dan Mangrove

| Rabu, 21/12/2022 20:10 WIB
Presiden Jokowi minta Dana Pengelolaan Lingkungan Hidup Fokus Urus Sampah dan Mangrove Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengelolaan Dana Lingkungan Hidup Tahun 2022, di Gedung A.A. Maramis, Jakarta, Rabu (21/12/2022.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) memprioritas dua masalah lingkungan hidup, yaitu penanganan sampah dan rehabilitasi hutan mangrove. Menurutnya, penanganan sampah ini masih menjadi persoalan yang belum terselesaikan di berbagai daerah di tanah air.

“Untuk awal menurut saya, urusan sampah menjadi prioritas. Saya pengalaman sejak wali kota sampai sekarang, urusan sampah belum pernah yang namanya beres,” ujar Presiden Jokowi.

“Kalau ini anggaran di Badan ini ada, tolong di-push untuk urusan sampah ini diselesaikan. Sehingga sampah tidak lari ke laut, sampah tidak lari ke sungai, sampah tidak menjadi kotoran sebuah kota,” sambungnya.

Selain sampah, imbuh Presiden Jokowi, BPDLH merehabilitasi hutan mangrove yang memiliki dampak signifikan pada kelestarian lingkungan hidup.

“Kita konsentrasi di situ karena banyak lahan mangrove kita yang memang harus kita perbaiki. Konsentrasi di situ. Kalau yang namanya konsentrasi di mangrove, ya saya minta konkret-konkret saja. Siapkan nursery-nya dulu, siapkan persemaiannya dulu,” tukasnya.

Tags : Presiden Jokowi , Mangrove