Hadapi Potensi Cuaca Ekstrem, Pimpinan DPR Imbau Masyarakat Tetap Hati-hati

| Rabu, 28/12/2022 22:27 WIB
Hadapi Potensi Cuaca Ekstrem, Pimpinan DPR Imbau Masyarakat Tetap Hati-hati Potensi cuaca ekstrim (BMKG)

RADARBANGSA.COM – Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad mengimbau masyarakat agar lebih berhati-hati dalam menghadapi potensi cuaca ekstrem yang diperkirakan terjadi antara tanggal 28-30 Desember 2022.

"Apabila memang terpaksa keluar rumah ya harap berhati-hati dan beraktivitas seperlunya dan menghindari daerah-daerah yang mungkin dinyatakan rawan untuk adanya banjir dan lain sebagainya," ujar Sufmi Dasco Ahmad di Jakarta, Rabu, 28 Desember 2022.

Sebelumnya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memprediksi akan terjadi badai di Jabodetabek pada Rabu (28/12/2022). Sedangkan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi tanggal 28 Desember bukan berpotensi badai, tetapi potensi hujan lebat. Menurut BMKG peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022.

Sementara itu, Dasco mengatakan komisi terkait yang membawahi BRIN dan BMKG akan memanggil kedua lembaga tersebut untuk dapat saling melakukan integrasi data sebelum kemudian mengumumkan kepada masyarakat.

"Sebenarnya kalau kita lihat semangat BRIN dan BMKG itu kan sama-sama mengingatkan tentang perlunya kehati-hatian menghadapi cuaca ekstrim yang diperkirakan akan ada di tanggal 28-30. Namun biar bagaimana pun nanti kita akan minta komisi teknis dalam hal ini yang membawahi BRIN dan BMKG untuk nanti memanggil dan menyinkronkan agar kedua lembaga ini,” tukasnya.

Tags : cuaca ekstrem , Nataru

Berita Terkait