Tanggapan Yanuar Prihatin Soal Isu Pemilu Proporsional Tertutup

| Rabu, 04/01/2023 16:12 WIB
Tanggapan Yanuar Prihatin Soal Isu Pemilu Proporsional Tertutup Anggota FPKB Yanuar Prihatin (Foto: dpr)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi II DPR RI, Yanuar Prihatin menilai sistem pemilu proporsional tertutup akan berpotensi menutup kompetisi antar sesama kader dalam satu partai. Oleh karena itu ia berpandangan bahwa sistem itu, berbeda dengan sistem pemilu proporsional terbuka, berpeluang menghidupkan oligarki dalam tubuh partai politik.

"Bagi partai politik yang punya tradisi komando yang kuat dan sedikit otoriter, sistem pemilu proposional tertutup ini lebih disukai," ujar Yanuar Prihatin dalam keterangannya di Jakarta, Rabu, 4 Januari 2022.

Di sisi lain, kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu, sistem proporsional tertutup juga dinilai akan menghidupkan oligarki di dalam partai di masa lalu itu. Sementara oligarki politik relatif mendapatkan hambatan untuk tumbuh melalui sistem proporsional terbuka.

"Tertutupnya kompetisi antara sesama kader. Juga melahirkan para politisi yang lebih mengakar ke atas dari pada ke bawah," tambahnya.

Lebih lanjut Yanuar menyampaikan bahwa jika ada pihak yang mengusulkan sistem proporsional tertutup, maka menurutnya mereka ingin membawa musibah dan kecelakaan dalam demokrasi. Apalagi, jika Mahkamah Konstitusi (MK) turut melegalisasi sistem tertutup tersebut.

"Kita semua sudah berinvestasi besar untuk menumbuhkan kegairahan dan partisipasi politik rakyat, memperkuat hubungan timbal balik antara rakyat dan wakilnya, serta membangun budaya kompetisi yang masih terukur," tandasnya.

Tags : PKB , PEMILU 2024