Langkah Kemenkes Atasi Pandemi Covid-19 di Indonesia

| Kamis, 05/01/2023 23:00 WIB
Langkah Kemenkes Atasi Pandemi Covid-19 di Indonesia covid 19 (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Indonesia telah berjuang untuk menghadapi Pandemi COVID-19 lebih dari dua tahun sejak pertama ditemukannya pasien yang terjangkit virus SARS CoV-2 pada Maret 2020 silam.

Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin menyampaikan bahwa beragam upaya telah dilakukan untuk mengatasi penyebaran dan juga pengobatan bagi pasien yang terjangkit penyakit ini.

“Vaksinasi ini sudah berhasil menurunkan secara drastis kasus COVID-19 di indonesia Hal ini menunjukan bahwa program vaksinasi kita dilakukan dengan cukup efektif,” ujar Menkes Budi dalam keterangannya, Kamis, 5 Januari 2023.

Selain vaksinasi COVID-19, kata Menteri Budi, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) juga melakukan sejumlah inisiatif untuk meredam kenaikan kasus di Indonesia. Langkah yang dilakukan berupa pemanfaatan dari sisi sains dan teknologi untuk memproses identifikasi jenis atau varian virus.

“Inisiatif lain yang dilakukan oleh Kemenkes adalah menyiapkan kebutuhan oksigen di rumah sakit dan juga bagi masyarakat yang membutuhkan,” kata Menkes Budi.

Lebih lanjut, Menkes Budi Gunadi juga menyampaikan, kemenkes membuat terobosan dengan meluncurkan layanan telemedisin bagi pasien yang positif COVID-19. “Saat itu masyarakat yang melakukan tes COVID-19 bisa langsung tahu hasilnya dan otomatis masuk ke aplikasi PeduliLindungi dan akan diperbarui statusnya untuk kemudian terhubung dengan WhatsApp dan dikirimkan kepada orang yang positif agar dapat memanfaatkan layanan telemedisin,” lanjutnya.

Terakhir, imbuh Menkes Budi, Inovasi lainnya yang dilakukan Kemenkes selama pandemi adalah dengan menghadirkan aplikasi PeduliLindungi.

“Saat ini PeduliLindungi tercatat menjadi salah satu aplikasi kesehatan terbesar di dunia dan telah di download oleh sekitar 104 juta masyarakat Indonesia,” tukasnya.

Tags : Covid , NAR , Kemenkes , PCR , Antigen

Berita Terkait