Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara

| Kamis, 19/01/2023 14:23 WIB
Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis (19/1). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Kuwil Kawangkoan di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Kamis, 19 Januari 2023. Bendungan yang dibangun sejak tahun 2016 ini memiliki kapasitas 26 juta meter kubik.

"Bendungan Kuwil Kawangkoan ini dibangun sejak 2016, artinya sudah lima setengah tahun, dibangun dengan anggaran Rp1,9 triliun. Ini akan memiliki kapasitas tampung 26 juta meter kubik, dengan luas genangan 157 hektare," ujar Presiden seperti dilansir dari laman resmi Setkab RI.

Disampaikannya, tak hanya untuk keperluan irigasi lahan pertanian, Bendungan Kuwil juga bermanfaat untuk mereduksi banjir di wilayah Sulawesi Utara. "Kalau enggak dihentikan di sini, airnya bisa lari dan bisa menyebabkan Manado banjir, seperti kita ingat pernah 2014 di Manado pernah banjir bandang," tukasnya.

Selain itu, bendungan ini juga dapat digunakan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar. "Jadi Bendungan Kuwil ini bisa dimanfaatkan untuk pembangkit listrik tenaga mikrohidro, yang menghasilkan tenaga listrik 2 kali 0,70 megawatt. Meskipun kecil, tetapi bisa menjadi pembangkit listrik tenaga mikrohidro," pungkasnya.

Tags : Jokowi , Bendungan , Kuwil Kawangkoan , Minahasa , Sulawesi Utara