Hadapi Situasi Ekonomi Global, Industri Padat Karya Harap Manfaatkan Program Pemerintah

| Rabu, 25/01/2023 22:38 WIB
Hadapi Situasi Ekonomi Global, Industri Padat Karya Harap Manfaatkan Program Pemerintah Sejumlah pekerja saat membangun jalan melalui progam padat karya (foto: pupr)

RADARBANGSA.COM – Anggota Komisi XI DPR RI Indah Kurniawati mengungkapkan, industri padat karya di berbagai sektor sedang dihadapkan dengan tekanan berat akibat situasi ekonomi global dan kenaikan suku bunga Bank Indonesia. Ia mendorong para pelaku industri tersebut dapat memaksimalkan berbagai program yang telah disiapkan oleh pemerintah.

“Pemerintah sudah memberikan program-program yang baik. Seperti insentif, perpajakan, terus kemudian kalau di Perbankan juga sudah memberikan jaminan ke debitur itu sendiri, yang menjamin bank itu dari OJK kalau debitur macet,” kata Indah Kurniawati dalam rilisnya, Selasa, 24 Januari 2023.

Indah menuturkan, semua perangkat dan instrumen pemerintah untuk memulihkan kembali perekonomian Indonesia sudah pada jalurnya. Upaya-upaya tersebut ditujukan untuk membantu industri menghadapi tantangan resesi dan situasi ekonomi global sekaligus meningkatkan pemulihan perekonomian Indonesia pasca pandemi.

“Industri padat karya merupakan industri yang menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar. Tekanan yang terjadi pada industri jenis tersebut dapat memicu PHK massal yang berbuntut pada peningkatan angka pengangguran dan kemiskinan serta pelemahan daya beli masyarakat,” tukasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, Fathan mendukung upaya Bank Rakyat Indonesia (BRI) untuk menjalankan strategi bisnisnya, termasuk memaksimalkan potensi bisnis yang ada dalam ekosistemnya.

“Komisi XI mendukung upaya PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) TBK dalam menjalankan strategi kinerja bisnis tahun 2023 yang diarahkan pada ekspansi kredit, memperkuat pertumbuhan bisnis value chain dan memaksimalkan potensi bisnis ekosistem Bank Rakyat Indonesia” ujar Fathan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Direktur Utama PT. BRI, Tbk d Gedung Nusantara I, Senayan, Selasa, 24 Januari 2023.

Fathan menyampaikan, BRI perlu mengoptimalkan kontribusi pendapatan negara, memperkuat fungsi intermediasi pada sektor-sektor yang dapat menyerap tenaga kerja melalui penguatan UMKM, mempercepat ekonomi nasional, UMKM, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan mendukung peningkatan industri  pengolahan yang berdampak kepada kesejahteraan rakyat.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu juga meminta BRI untuk melakukan menjaga keamanan transaksi dan perlindungan data nasabah, terutama setelah BRI secara penuh menggunakan inovasi digital dalam transaksi perbankannya.

“PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai bank dengan menggunakan transaksi inovasi digital harus menjaga keamanan transaksi bagi nasabah dan perlindungan data nasabah,” pintanya.

Tags : Padat Karya Tunai , PUPR , Komisi XI DPR

Berita Terkait