Percepat Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Pemerintah Dorong Lahirnya Wirausahawan Baru

| Jum'at, 27/01/2023 16:05 WIB
Percepat Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Pemerintah Dorong Lahirnya Wirausahawan Baru Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Titik Masudah (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus mendorong lahirnya wirausahawan baru pasca Pandemi Covid-19 guna mempercepat pemulihan ekonomi di masyarakat.

"Kami terus mendorong lahirnya wirausaha baru guna mempercepat pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Dorongan ini dilakukan di antaranya dengan akses informasi tata cara dan dukungan dalam berwirausaha, " ujar Staf Khusus Menaker, Titik Masudah di Nganjuk, Jawa Timur, Jumat, 27 November 2023.

Titik Masudah mengatakan pihaknya mempertemukan 250 pencari kerja, wirausaha/pengusaha kecil dan menengah, pengusaha di Jombang dalam menghadapi disrupsi pada kondisi ketenagakerjaan akibat pandemi COVID-19, yang menjadikan tantangan pembangunan ketenagakerjaan semakin kompleks.

"Karena para peserta pada siang hari ini adalah para pelaku usaha baru, maka kebutuhan dari pelaku usaha adalah bagaimana mereka mengimprovisasi, bagaimana mereka mendapatkan informasi jalur dan akses usaha," kata Titik.

Titik menyampaikan bahwa Kemnaker menyadari pembangunan ketenagakerjaan akan dapat terwujud, apabila semua pemangku kepentingan terkait terlibat aktif sesuai fungsi dan kewenangannya masing-masing meningkatkan kolaborasi dan sinergitas dalam pembangunan ketenagakerjaan. Baik Pemerintah maupun industri Bersama-sama dengan berkolaborasi untuk mengatasi tantangan pasca pandemi ini.

"Saya yakin adanya kolaborasi yang efektif Kemnaker dan industri serta pemangku kepentingan lainnya, dapat menghadapi tantangan pembangunan ketenagakerjaan yang semakin kompleks dan melalui masa sulit pandemi ini," tukasnya.

Tags : Kemnaker , Menteri Ida Fauziyah