Pemerintah Bangun Center of Excellence Penyakit Katastropik Makassar

| Rabu, 01/02/2023 17:05 WIB
Pemerintah Bangun Center of Excellence Penyakit Katastropik Makassar Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah membangun center of Excellence penyakit katastropik wilayah timur yang berlokasi di Makassar, Sulawesi Selatan.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, pembangunan RS UPT Vertikal ini disiapkan untuk memberikan layanan spesialistik dan sub-spesialistik terhadap 3 penyakit penyebab kematian tertinggi di Indonesia yakni kanker, stroke dan jantung..

“Rumah Sakit Vertikal Otak, Jantung, Kanker (OJK) ini dibangun bukan hanya untuk kota Makassar, Sulawesi Selatan saja, tapi (nantinya) jadi pusat pelayanan rumah sakit dengan kualitas paling baik untuk indonesia timur,” ujar Menkes Budi G. Sadikin.

Menurut Menkes Budi, fasilitas pelayanan kesehatan dan sarana prasarana di RS UPT vertikal akan dimaksimalkan sesuai standar Internasional. Tujuannya agar pasien merasa aman dan nyaman Selama berobat, sehingga mereka tidak perlu lagi berobat ke luar negeri.

“Cukup berobat di Indonesia saja, khususnya untuk masyarakat Indonesia di wilayah timur,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mengaku bersyukur atas inisiatif pemerintah pusat dalam membangun Rumah Sakit vertikal penyakit katastropik untuk wilayah timur indonesia di Kota Makassar.

“Saya serahkan (lahan) tahun lalu untuk pak Menteri, karena pembangunannya untuk masyarakat banyak. Dibangun di lahan emas hasil reklamasi di Center Point of Indonesia (CPI),” ujar Andi Sulaiman.

Tags : Penyakit Jantung , Kemenkes , Layanan Kesehatan Primer

Berita Terkait