Bendungan Danu Kerthi Jaga Pasokan Air untuk 588 Hektare Sawah

| Kamis, 02/02/2023 16:56 WIB
Bendungan Danu Kerthi Jaga Pasokan Air untuk 588 Hektare Sawah Presiden Jokowi resmikan Bendungan Danu Kerthi Bali (foto: setkab)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Danu Kerthi atau Bendungan Tamblang yang terletak di Kecamatan Sawan, Buleleng, Bali, Kamis (02/02/2023).

“Dengan ini, Bendungan Danu Kerthi dan Penataan Kawasan Mangrove Tahura Ngurah Rai di Provinsi Bali, saya nyatakan diresmikan,” ujar Presiden Jokowi.

Menurut Presiden Jokowi, bendungan Danu Kerthi yang dibangun sejak 2018 dengan anggaran sebesar Rp820 miliar ini memiliki kapasitas tampung sebesar 5,1 juta meter kubik. Luas genangannya kurang lebih 29,8 hektare, yang ini akan mengairi sawah seluas 588 hektare,” ujarnya.

Selain untuk mengairi sawah yang ada di Bali, imbuh Presiden Jokowi, Bendungan Danu Kerthi juga dapat mereduksi banjir. “Jadi, bendungan ini, dipakai untuk irigasi sawah, yang kedua untuk mengurangi banjir,” katanya.

Turut hadir dalam peresmian bendungan Danu Kerthi tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Menseskab Pramono Anung, Gubernur Bali I Wayan Koster serta pejabat lainnya.

Tags : Presiden Jokowi , Bendungan Danu Kerthi