Deteksi Dini Stroke, RS PON Hadirkan Layanan Unggulan BCU

| Rabu, 08/02/2023 17:52 WIB
Deteksi Dini Stroke, RS PON Hadirkan Layanan Unggulan BCU RS PON (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – RS Pusat Otak Nasional (RS PON) mengembangkan layanan unggulan berupa Brain Check Up (BCU) yang merupakan layanan one stop service deteksi dini unggulan bidang otak dan persarafan.

“Layanan Brain Check Up ini kami siapkan sebagai layanan unggulan RS PON, karena kita tahu kasus stroke terus meningkat,” kata Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang, Adin Nulkhasanah dalam rilisnya, Rabu, 8 Februari 2024.

Adin menjelaskan bahwa peningkatan kasus stroke tersebut dilihat dsri segi usia yang mana sekarang ini presentase penderita stroke didominasi masyarakat usia 40 tahun ke atas. Yang lebih memprihatinkan, banyak kasus-kasus stroke yang dirujuk ke RS PON sudah dalam keadaan terlambat.

“Di RS PON ini, 2500 operasi setahun sebagian besar adalah karena tumor yang kedua vaskuler. Saat datang ke RS PON, kondisinya sudah berat, dengan tumor yang besar, sudah ada dampak kecacatan, diharapkan kalau kita tahu lebih awal sehingga kecacatan atau kematian bisa dicegah,” jelasnya.

Menurut Adin, skrining kesehatan melalui BCU ini dilakukan dengan rangkaian pemeriksaan diantaranya pemeriksaan fisik, fisik neurobehaviour, pemeriksaan fisik jantung, pemeriksaan kardiografi, EKG dan treadmill, pemeriksaan neuroofthalmologi, pemeriksaan EEG dan pulmonologi, pemeriksaan lab (kekentalan darah, kolesterol, gula darah), rontgen thorax, serta pemeriksaan CTA (MRI & MRA).

“Layanan BCU diutamakan untuk usia 40 tahun keatas. Namun bila ada faktor risiko, masyarakat tetap diperbolehkan untuk melakukan pemeriksaan. Untuk usia dibawahnya bisa datang untuk pemeriksaan, kenapa karena kita lebih baik mencegah dan segera mengobatinya bila ada kelainan,” tukasnya.

Tags : BCU , RS PON , Kemenkes

Berita Terkait