Menkes Budi Ungkap Resep Indonesia Tak Alami Gelombang Baru COVID-19

| Rabu, 08/02/2023 22:55 WIB
Menkes Budi Ungkap Resep Indonesia Tak Alami Gelombang Baru COVID-19 Budi Gunadi Sadikin (Menteri Kesehatan RI). (Foto: Kemenkes RI)

RADARBANGSA.COM - Indonesia menjadi salah satu negara yang terdampak pandemi COVID-19. Selama lebih dari dua tahun menangani penyebaran COVID-19, perlahan Indonesia mampu keluar dari masa sulit dan lebih baik dibanding negara lainnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan bahwa Indonesia bisa lebih cepat menangani pandemi COVID-19 karena strategi baik yang dijalankan. Bahkan, terangnya, kemampuan Indonesia dinilai juga mampu mencegah terjadinya gelombang baru COVID-19.

"Indonesia termasuk satu dari beberapa negara di dunia yang sudah bisa mencegah adanya gelombang baru sejak 12 bulan terakhir," ujar Menkes Budi dalam Rapat Kerja bersama Komisi IX DPR RI, Rabu, 8 Februari 2023.

Ia pun menegaskan, terjadinya kenaikan kasus bukan karena aktivitas/mobilitas. Menurutnya itu berbasis sains, kenaikan kasus terjadi karena adanya varian baru.

Sementara, lanjutnya, faktor penentunya adalah teknologi genomik atau genome sequencing yang berfungsi untuk mengidentifikasi varian baru apapun.

Langkah lainnya yakni keaktifan Indonesia untuk melakukan survei per-enam bulan yaitu survei serologi. Hla itu guna mengetahui tingkat atau kadar antibodi masyarakat karena vaksinasi COVID-19 ataupun karena secara alami (terinfeksi).

"Ini mengukur kemampuan daya tahan terhadap serangan musuh-musuh yang tadi. Nah, antibodi bisa dibangun melalui vaksinasi dan melalui infeksi, antibodi bisa dibangun secara buatan/ secara alamiah karena tertular," pungkasnya.

Tags : Menkes RI , COVID-19 , Indonesia , Vaksinasi , Antibodi