Presiden Jokowi Sebut Konservasi Air Hingga Mitigasi Bencana Isu Prioritas WWF

| Rabu, 15/02/2023 15:35 WIB
Presiden Jokowi Sebut Konservasi Air Hingga Mitigasi Bencana Isu Prioritas WWF Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan sejumlah agenda yang perlu menjadi isu prioritas dalam Forum Air Dunia (WWF), Bali, yakni upaya konservasi, ketersediaan air bersih dan sanitasi, ketahanan pangan dan energi, hingga mitigasi bencana alam berupa banjir dan kekeringan.

"Agenda-agenda tersebut harus menjadi kerja bersama, partisipasi rakyat dan kerja sama dari berbagai pihak. Dialog dan kemitraan antar negara yang dilakukan dalam semangat kebersamaan untuk kesejahteraan rakyat dunia,” kata Jokowi dalam sambutannya yang disiarkan secara daring dalam penyelenggaraan Kick Off Meeting Forum Air Dunia ke-10 di Jakarta, Rabu, 15 Februari 2023.

Agenda-agenda prioritas tersebut, terang Presiden Jokowi, membutuhkan banyak inovasi, termasuk inovasi dalam pendanaan. Inovasi di aspek finansial tersebut perlu melibatkan pemerintah dan swasta. Kemudian, lanjutnya, setiap pemangku kepentingan juga memerlukan inovasi teknologi untuk mengelola kebutuhan konsumsi energi dan pangan, serta komitmen untuk berbagi dan bekerja sama.

Presiden Jokowi mengungkapkan, saat ini keberlanjutan sumber daya air menjadi isu yang sangat mendesak bagi dunia. Kebutuhan air di dunia meningkat sejalan dengan pertumbuhan penduduk, peningkatan produksi pangan dan juga industri. Sementara itu, ujar Jokowi, ketersediaan air yang berkualitas dan berkelanjutan semakin sulit akibat degradasi lingkungan dan perubahan iklim.

"Pengelolaan sumber daya air secara efisien dan terpadu merupakan agenda yang harus kita kerjakan bersama agar air bisa dikelola dan bisa dimanfaatkan untuk kemakmuran bersama," imbuh Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi mengatakan bahwa Indonesia sangat senang terpilih menjadi tuan rumah Forum Air Dunia ke-10 di Bali, 2024. "Saya sangat mengharapkan pertemuan awal menuju The 10th WWF ini dapat menghasilkan agenda-agenda penting yang akan kita tindak lanjuti pada acara puncak WWF ke-10 di Bali 18-24 Mei 2024," tuturnya.

Tags : Jokowi , WWF , Air Bersih , Konservasi , Bali