Gus Halim: PATRI Jadi Benteng Utama Tangkal Radikalisme di Wilayah Transmigrasi

| Jum'at, 17/02/2023 22:19 WIB
Gus Halim: PATRI Jadi Benteng Utama Tangkal Radikalisme di Wilayah Transmigrasi Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar saat menghadiri HUT PATRI di IKN Kalimantan Timur (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghadiri Peringatan HUT Ke-19 Perhimpunan Anak Transmigran Republik Indonesia (PATRI) di Titik Nol Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (16/2/2023).

Dalam kesempatan itu, Gus Halim sapaan akrabnya mengatakan, PATRI menjadi benteng pertama menangkal persebaran radikalisme. Ia bercerita bahwa beberapa waktu lalu ada temuan wilayah transmigrasi diduga dijadikan salah satu sasaran radikalisme.

“Ini bukan main-main, transmigrasi dibangun bukan untuk itu. Nah oleh karena itu, PATRI berkewajiban untuk membentengi wilayah-wilayah transmigrasi agar jangan sampai temuan radikalisme,” tegas Gus Halim.

Untuk itu, Gus Halim berharap keberadaan PATRI harus betul-betul menjadi lembaga advokasi bagi transmigran maupun daerah transmigrasi. “Ini penting, banyak hal yang masih perlu dilakukan pendampingan-pendampingannya. Hari ini masih saja kita temukan beberapa wilayah yang membutuhkan perhatian khusus kita, karena masih pada posisi belum jelas secara lugas pada posisi kepemilikan,” harapnya.

Di kesempatan yang sama, Gus Halim juga menyampaikan bahwa rumah transmigran kedepan akan sama bentuknya dengan rumah adat setempat. Sehingga rumah-rumah transmigran tidak lagi bentuknya kotak dan sama semua di seluruh Indonesia.

“Supaya apa, sejak dari tampilan fisik sudah berbaur dengan warga masyarakat, tapi kalau sekarang kan kelihatan banget enggak,” tukasnya.

Tags : PATRI , Gus Halim , Kemendesa PDTT

Berita Terkait