Buka Raker APPSI, Jokowi Dorong Pemda Tingkatkan Belanja Masyarakat

| Kamis, 23/02/2023 20:21 WIB
Buka Raker APPSI, Jokowi Dorong Pemda Tingkatkan Belanja Masyarakat Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023 di Ballroom Hotel Novotel, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), Kamis (23/02/2023).

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi meminta kepada pemerintah daerah untuk menjaga dan mendorong meningkatkan konsumsi masyarakat demi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kewajiban para gubernur adalah bagaimana menjaga agar konsumsi rumah tangga itu terjaga dan meningkat. Kita tahu di 2022, konsumsi masyarakat, konsumsi rumah tangga berada di angka 4,93, dan kita harapkan di 2024 nanti bisa muncul angka 5,4 persen. Kalau ini terjadi, pertumbuhan ekonomi otomatis akan juga ikut naik,” ujar Presiden Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyoroti mengenai penyelenggaraan kegiatan seni dan olahraga yang dapat mendorong peningkatan belanja masyarakat.

“Ini bagus untuk ekonomi kita. Sehingga kemarin saya sudah titip ke Kapolri, sekarang saya ketemu para gubernur, wakil gubernur, dan sekda, untuk izin-izin masalah ini jangan ada yang dihambat karena menyangkut belanja masyarakat yang tadi ditahan, Rp690 triliun tadi, biar itu keluar, dibelanjakan,” tukasnya.

Presiden juga mendorong pemerintah daerah untuk gencar mempromosikan desa wisata yang tidak hanya dapat memicu konsumsi tetapi juga menggeliatkan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di sekitar.

“Perbaiki dan promosikan, enggak apa-apa yang namanya wisata di kampung, wisata di desa, wisata di daerah, promosikan agar masyarakat datang ke tempat-tempat itu untuk membelanjakan uangnya dan juga dorong UMKM juga untuk berjualan di situ agar masyarakat belanja sebanyak-banyaknya,” ujarnya.

Tags : Belanja Masyarakat , Presiden Jokowi

Berita Terkait