Gus Halim: Penyebab Stunting Tidak Hanya Ekonomi Tapi Juga Gaya Hidup

| Jum'at, 24/02/2023 17:49 WIB
Gus Halim: Penyebab Stunting Tidak Hanya Ekonomi Tapi Juga Gaya Hidup Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar atau Gus Halim menegaskan permasalahan stunting tak hanya dikarenakan faktor ekonomi, melainkan juga gaya hidup.

"Stunting itu salah satunya urusan gaya hidup. Bukan saja dari faktor ekonomi," ujar Mendes PDTT saat menerima kunjungan Bupati Blora Arief Rohman di Jakarta, Kamis, 23 Februari 2023.

Menurut Gus Halim, perilaku hidup yang kurang sehat dengan kurang memperhatikan asupan makanan bergizi, akan menyebabkan lambatnya tumbuh kembang pada anak.

"Asupan makanan harus diperhatikan agar bisa di antisipasi supaya tidak terjadi kasus ini ditengah masyarakat," katanya.

Gus Halim juga mengingatkan Bupati dan rombongannya soal Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) 2023 yang dilaksanakan oleh BPS pada bulan Maret dan September mendatang. Menurutnya, Susenas dirancang untuk mengumpulkan data sosial kependudukan yang relatif sangat luas dengan data yang dikumpulkan antara lain menyangkut bidang-bidang pendidikan, kesehatan/gizi, perumahan dan lainnya.

"Saya berharap survei ini berjalan dengan baik dan saya berharap nantinya bisa disiapkan sedemikian rupa," harapnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait