Lahan Luas, Pemerintah Dorong Milenial Jadi Petani

| Jum'at, 24/02/2023 21:25 WIB
Lahan Luas, Pemerintah Dorong Milenial Jadi Petani Kentang (Doc: Ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) mendorong generasi milenial untuk menjadi petani.

Menurut Wakil Menteri Desa PDTT, Budi Arie Setiadi, jumlah petani saat ini jauh lebih rendah jika dibandingkan dengan lahan pertanian yang ada. Ia mengatakan, tak hanya menjadi petani, milenial juga harus memiliki jiwa kompetitip yang tinggi.

"Pertanian kita harus kompetitif dibanding negara lain. Kita punya 1,2 Juta Ton lebih lahan dengan iklim sejuk yang bisa ditanami kentang. Harusnya lebih dari yang bisa kita tanami hari ini," kata Budi.

"Indonesia ini kan luasanya 191 Juta Hektare daratan kita. Sementara kita miris karena angka ini mengerikan. Hanya 3 persen anak muda kita yang mau terjun ke dunia pertanian. Sementara lahan kita 191 Juta Hektare lebih lalu yang mengelola siapa?," sambungnya.

Budi mengungkapkan bahwa menjadikan milenial sebagai petani bukan langkah akhir dalam mempertahankan sektor pertanian Indonesia. Melainkan, setiap semua pihak yang saling mendukung dan mengawal pertanian Indonesia.

"Ini PR kita semua. Semua pihak Kementerian Lembaga sama-sama harus mendorong anak muda kembali meminati sektor pertanian. Karena anak muda ini lebih tertarik pada hal-hal lain," ungkapnya.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait