Gus Halim Harap IKN Jadi Etalase Desa Nusantara

| Senin, 27/02/2023 20:14 WIB
Gus Halim Harap IKN Jadi Etalase Desa Nusantara Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

RADARBANGSA.COM – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berharap di tengah pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur itu tidak merubah 14 desa menjadi kelurahan. Menurutnya, desa itu dibiarkan menjadi etalase desa nusantara di mata dunia.

"Yang 14 (Desa) itu kalau bisa jangan diubah jadi Kelurahan. Supaya jadi etalase,” kata Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar saat menerima Audiensi Sekretaris Otorita Ibu Kota Nusantara, Achmad Jaka Santos Adiwijaya di Jakarta, Jumat, 24 Februari 2023 lalu.

“Ini loh desa di Indonesia sebagus ini. Demokrasinya, transparansi pembangunannya, begitu juga dengan pelaksanaan kegotong royongan dan kerukunannya. Itu harapan kita ya beberapa (Desa) itu diambil sebagai etalase," sambungnya.

Gus Halim-sapaan akrabnya mengungkapkan bahwa desa dengan kearifan budayanya telah terbukti mampu memanajemen pembangunan di setiap lini persoalannya, termasuk tranparansi data yang terus ditampilkan.

"Soal transparansi data, di Desa sudah terbiasa mulai Daftar Pemilih Sementara (DPS), dan ditampilkan agar warga bisa ngecek. Namanya sudah masuk apa belum, kalau belum segera melaporkan," ungkapnya.

Turut hadir mendampingi Gus Halim dalam Audiensi tersebut, Sekretaris Jenderal Taufik Madjid, Dirjen PDP Sugito, Dirjen PEID, Harlina Sulistyorini, Dirjen PPDT Eko Sri Haryanto, Dirjen PPKTrans, Danton Ginting Munthe, dan Kepala BPI Ivanovich Agusta.

Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait