Nilai Ekonomi dari Konser dan Event Bisa Capai Rp170 Triliun

| Selasa, 28/02/2023 16:31 WIB
Nilai Ekonomi dari Konser dan Event Bisa Capai Rp170 Triliun Konser musik rock oleh grup Spanyol Love of Lesbian di Palau Sant Jordi di Barcelona pada 27 Maret 2021. (AFP PHOTO/LLUIS GENE)

RADARBANGSA.COM - Nilai ekonomi dari penyelenggaraan event seperti konser musik, seni, budaya, olahraga, maupun kegiatan ekonomi kreatif lainnya ditaksir bisa mencapai Rp170 triliun.

"Dan ini akan berpotensi untuk menciptakan pergerakan ekonomi sekitar Rp 170 triliun,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Hasil survei IVENDO (Indonesia Event Industry Council) menyebutkan, setelah pandemi COVID-19  melandai, kegiatan event yang dilaksanakan oleh 130 anggota IVENDO menyumbangkan nilai ekonomi sebesar Rp423 miliar. Nilai ekonomi dari kegiatan event ini relatif masih kecil dibandingkan sebelum pandemi yang mencapai Rp164 triliun per tahun.

Lebih lanjut, Menparekraf Sandiaga menyampaikan bahwa Indonesia berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor Event dan Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition (MICE) sebagai salah satu penopang ekonomi nasional.  

Diantaranya dengan menyiapkan kemudahan perizinan (deregulasi) dalam perolehan izin penyelenggaraan kegiatan Event dan MICE. Sebab, Event dan MICE mampu menciptakan kegiatan ekonomi, menciptakan investasi dan lapangan kerja.

“MICE ini seperti kita awali di ajang ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 ternyata kita mampu untuk menyelenggarakannya dengan sukses,” kata Menparekraf.  Demikian juga dengan beberapa penyelenggaraan sports tourism event seperti MotogP dan F1 powerboat. 

 

Tags : konser , event ,