Turunkan Stunting, Pemerintah Canangkan Gerakan Penimbangan Bulanan Nasional

| Rabu, 01/03/2023 22:13 WIB
Turunkan Stunting, Pemerintah Canangkan Gerakan Penimbangan Bulanan Nasional Pemerintah canangkan Gerakan Penimbangan Bulanan Nasional untuk mencegah dan menurunkan stunting (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah secara resmi mencanangkan gerakan Penimbangan Bulanan Nasional Terintegrasi guna mempercepat penurunan stunting di Indonesia.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Menteri Koordinator bidang Pembanguna Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Efendy, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

“Gerakan tersebut melibatkan 300 ribu Posyandu yang tersebar di seluruh Indonesia. Jumlah balita yang ditimbang sekitar 14 juta,” kata Menkes Budi G Sadikin di Jakarta, Selasa, 28 Februari 2023.

Menkes Budi mengungkapkan, gerakan ini digelar untuk mendeteksi gejala stunting terhadap Balita di Indonesia. Harapannya, stunting dapat dicegah sedini mungkin dan diintervensi.

“Terkait penanganan stunting kami bertanggung jawab di intervensi spesifik sebesar 30%. Sisanya 70% intervensi sensitif di bawah koordinasi BKKBN,” ungkapnya.

Sementara itu, Menko PMK, Muhadjir Effendy menjelaskan gerakan timbangan bulanan nasional merupakan implementasi dari arahan presiden terkait dengan pembangunan manusia Indonesia.

“Gerakan timbangan bulanan ini penting dilakukan untuk mendapatkan feedback secepatnya pada anak stunting. Stunting ini sebenarnya bagian dari visi presiden dalam pembangunan nasional,” katanya.

Tags : Stunting , BKKBN , Kemenkes , Komisi IX DPR

Berita Terkait