Sri Mulyani Apresiasi Peran BPK Jadi Pilar Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara

| Selasa, 07/03/2023 19:58 WIB
Sri Mulyani Apresiasi Peran BPK Jadi Pilar Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI). (Foto: Setkab RI)

RADARBANGSA.COM - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi peran Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai partner sekaligus pilar akuntabilitas pengelolaan keuangan negara yang kredibel di Indonesia.

"BPK sekarang di dalam circle internasional menjadi salah satu supreme auditor yang diandalkan dan terus ditingkatkan peranannya,” kata Menkeu Sri Mulyani Indrawati di Jakarta, Senin, 6 Maret 2023.

Menkeu Sri Mulyani mengungkapkan, BPK memiliki tiga peran sekaligus yakni sebagai oversight yang memeriksa keuangan dari sisi compliance, governance, dan akuntabilitasnya. BPK juga mempunyai fungsi insight sebagai partner konsultasi dalam merumuskan berbagai kebijakan extraordinary di masa pandemi.

"Inilah yang saya tentu berharap bahwa BPK akan terus menjadi institusi yang kita semua andalkan tadi dari sisi insight, oversight, dan juga dari foresight-nya", ungkap Menkeu Sri Mulyani.

Selain itu, Sri Mulyani memaparkan bahwa perekonomian Indonesia dalam 3 tahun terakhir sangat terpengaruh oleh situasi pandemi. Tataran global geopolitik yang berubah juga menjadikan hubungan antar negara semakin menegang. Ditambah lagi disrupsi supply chain menyebabkan inflasi terdongkrak sangat tinggi secara global.

"Inilah yang kemudian harus kita bersama-sama BPK dan Pemerintah untuk mengawal, karena dunia tidak dalam situasi yang statis dan mudah", paparnya.

Tags : Kemenkeu , BPK , Keuangan Negara