Meski Belum Ditemukan Di Wilayahnya, Pemkab Tangerang Tetap Waspada Wabah Flu Burung

| Selasa, 07/03/2023 21:23 WIB
Meski Belum Ditemukan Di Wilayahnya, Pemkab Tangerang Tetap Waspada Wabah Flu Burung Ayam (ilustrasi)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Banten, meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan virus Flu Burung Clade Baru.

"Kita akan mengintensifkan tim surveilans dan Tim Gerak Cepat terutama dalam mendeteksi sinyal epidemiologi di lapangan," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, dr Sumihar Sihaloho.

Sumihar menjelaskan bahwa mitigasi penyakit menular dilakukan juga dengan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk sama-sama mencegah peningkatan kasus Highly Pathogenic Avian Influenza (HPAI) yang bersifat zoonosis.

“(Kami) akan kembali mengaktifkan Partisipatory Disease Surveilans dan Respon (PDSR) dengan melakukan penelusuran dan merespons apabila ada laporan dengan ditemukan kasus yang mengarah kepada Avian Influenza tersebut,” katanya.

Hingga saat ini, kata Sumihari, kasus Flu Burung Clade Baru di Kabupaten Tangerang masih belum terdeteksi, namun hal itu perlu dilakukan mitigasi komprehensif.

"Untuk kasus sejauh ini kita belum temukan, namun kami terus pantau dan koordinasi terkait perkembangan kasus ini,” tukasnya.

Tags : Flu Burung , Kemenkes , Virus Flu Burung

Berita Terkait