Ijtima Ulama Jawa Barat Beri Mandat kepada Gus Muhaimin Maju Pilpres 2024

| Minggu, 12/03/2023 16:10 WIB
Ijtima Ulama Jawa Barat Beri Mandat kepada Gus Muhaimin Maju Pilpres 2024 Ijtima Ulama Jawa Barat (foto: radarbangsa)

RADARBANGSA.COM - Minggu siang ini (12/3/2023), baru saja Ijtima Ulama Jawa Barat selesai digelar. Acara yang diikuti oleh ratusan Kiai dan Ibu Nyai dari berbagai pondok pesantren Jawa Barat ini melahirkan 8 rekomendasi, salah satunya yakni memberi mandat kepada Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) untuk maju sebagai Capres pada Pilpres 2024 mendatang.

Hadir dalam acara yang diselenggarakan di Universitas Cipasung (Uncip), Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, ini yakni Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaiz, Wakil Sekretaris Dewan Syuro DPP PKB KH Maman Imanulhaq, Ketua Dewan Syoro DPW PKB Jawa Barat KH. Acep Adang Ruhiat, serta Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda.

Selain memberi mandat kepada Gus Muhaimin, para ulama terutama di jajaran Dewan Syura PKB, kata Kiai Maman, akan terus mengawal dan memberikan sumbangsih pemikiran dalam memastikan kemenangan PKB pada Pemilu 2024 mendatang, serta memperjuangkan Gus Muhaimin sebagai Presiden RI ke-8.

"Ijtima Ulama Jawa Barat ini secara bulat memberi dukungan kepada Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai Calon Presiden RI pada perhelatan Pilpres 2024 mendatang," kata Kiai Maman kepada wartawan di Cipasung, Minggu (12/3).

Sementara itu, dalam sesi sarasehan dan bahtsul masail yang dipimpin langsung oleh Kiai Maman Imanulhaq, banyak masukan kontruktif yang muncul dari forum yang berlangsung khidmat. Kiai Maman memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada para ulama untuk berbicara seluas-luasnya sehingga banyak rekomendasi yang dilahirkan, termasuk sikap ulama terhadap isu dugaan korupsi oknum pejabat pajak yang belakangan ini ramai dipergunjingkan publik.

Terakhir, Kiai Maman pun merasa puas dengan penyelenggaraan Ijtima Ulama Jawa Barat yang digelar di Uncip di bawah binaan KH Acep Adang Ruhiyat. Menurutnya pemilihan lokasi Ijtima Ulama Jawa Barat sengaja digelar di Cipasung lantaran punya kaitan sejarah degan KH Ilyas Ruhiyat sebagai salah satu pendiiri PKB.

Berikut 8 poin lengkap rekomendasi Ijtima Ulama Jawa Barat di Cipasung, Tasikmalaya:

  1. Ijtima Ulama Jawa Barat ini secara bulat memberi dukungan kepada Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar untuk maju sebagai Calon Presiden RI pada perhelatan Pilpres 2024 mendatang. 
  2. Ijtima Ulama meminta para ulama Jawa Barat terutama di jajaran Dewan Syura PKB untuk terus mengawal dan memberikan sumbangsih pemikiran dalam memastikan kemenangan PKB pada Pemilu 2024 mendatang, serta memperjuangkan Gus Muhaimin sebagai Presiden RI ke-8.
  3. Ijtima Ulama Jawa Barat meminta PKB untuk memperkuat program-program kesejahteraan masyarakat kecil seperti memastikan pendistribusian pupuk yang cukup dan tepat sasaran, serta penyaluran solar subsidi untuk pertanian. Ijtima pun mendorong program keumatan yang berkaitan dengan pesantren, majelis talim, ekonomi keumatan, peningkatkan kesejahteraan guru madrasah, termasuk memperjuangkan kesejahteraan guru ngaji.
  4. Ijtima Ulama Jawa Barat mendesak pemerintah agar segera menerapkan Undang-Undang Undang-Undang Nomor 18 tahun 2019 Tentang Pesantren dan aturan turunannya di tingkat daerah. Hal itu dilakukan sebagai upaya percepatan peningkatan kualitas pesantren yang memiliki peran penting terhadap pendidikan di Indonesia. 
  5. Para ulama Jawa Barat mendorong pemerintah dan penegak hukum untuk mengusut tuntas dugaan korupsi yang melibatkan pejabat pajak guna meningkatkan kembali kepercayaan publik yang sempat tergerus.
  6. Ijtima Ulama Jawa Barat bersepakat untuk memperkuat peran majelis talim khususnya kalangan ibu-ibu yang memiliki peran sentral pada upaya peningkatan intelektualitas anak. 
  7. Ijtima Ulama Jawa Barat mendorong pemerintah serta para pemangku kepentingan terkait untuk meningkatkan program moderasi beragama sebagai upaya pencegahan dari infiltrasi paham-paham ekstrem.
  8. Ijtima Ulama Jawa Barat meminta kepada Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mengusung kadernya sendiri serta segera mengumumkan nama kader yang ditetapkan sebagai Bakal Calon Gubernur pada Pilkada Serentak tahun 2024 mendatang.
Tags : Gus Muhaimin , PKB , CAPRES 2024

Berita Terkait