Gandeng USAID, Sekda Kota Tangerang Buka Lokakarya Penyusunan Metadata SDI

| Senin, 20/03/2023 17:45 WIB
Gandeng USAID, Sekda Kota Tangerang Buka Lokakarya Penyusunan Metadata SDI Lokakarya penyusunan Metadata SDI kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang, Herman Suwarman, menghadiri sekaligus membuka Lokakarya Penyusunan Metadata (Sektoral dan Multi Sektoral) Satu Data Indonesia (SDI) Kota Tangerang.

Dalam acara yang menggandeng United States Agency for International Development (USAID) itu, Herman mengatakan, metadata harus mengikuti struktur yang baku dari tingkat pusat.

"Informasi dalam metadata harus mengikuti struktur yang baku dan merujuk pada bagian informasi tentang data yang harus dicakup dalam metadata dan ditetapkan oleh pembina data tingkat pusat. Tujuannya untuk menggambarkan, menjelaskan, serta memudahkan pencarian, penggunaan dan pengelolaan informasi data," terang Herman.

Untuk itu, Herman meminta kepada OPD agar dapat menyusun metadata agar lebih komprehensif sehingga dapat membantu meningkatkan akselerasi pembangunan dan program-program serta pelayanan kepada masyarakat.

"Selama ini fokus OPD hanya kepada ketersediaan data belum kepada tata kelola data sebagaimana yang diamanatkan oleh Satu Data Indonesia," tukas Herman.

Tags : Kota Tangerang , Metadata