Mudik Lebaran, PUPR Siapkan Dukungan Operasional Jalan Nasional dan Jalan Tol

| Selasa, 28/03/2023 23:21 WIB
Mudik Lebaran, PUPR Siapkan Dukungan Operasional Jalan Nasional dan Jalan Tol Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kondisi Jalan Tol Trans Sumatera di Lampung, Jumat (21/1). (Foto: PUPR)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) turut mengambil peran dalam mendukung operasional dan kemantapan kondisi jalan menghadapi masa mudik lebaran mendatang.

“Kementerian PUPR akan terus melakukan evaluasi dengan pihak-pihak terkait untuk penyempurnaan dan untuk perbaikan layanan, khususnya transportasi jalan dalam menghadapi persiapan lebaran di tahun ini,” kata Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian di Jakarta, Selasa, 28 Maret 2023.

Menurut Hedy, dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas dan kenyamanan pengguna jalan, Kementerian PUPR menyiapkan beberapa upaya.

“Pertama melalui dukungan kondisi operasional dan kemantapan jalan serta Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP/rest area), kemudian dukungan operasional manajemen lalu lintas, serta dukungan untuk kenyamanan pengguna jalan,” kata Hedy.

Selain itu, lanjut Hedy, Kementerian PUPR juga melakukan dukungan operasional manajemen lalu lintas melalui koordinasi dengan Kementerian Perhubungan, POLRI (Korlantas) dan BUJT dalam pelaksanaan kebijakan dukungan kelancaran lalu lintas, layanan transaksi tol, layanan konstruksi, serta penyediaan aplikasi "Tol Kita" untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan informasi mengenai kondisi lalu lintas, prakiraan cuaca, call center, peta jalan tol, dan info TIP.

“Dilakukan pula peningkatan kualitas dan estetika jalan tol dengan beautifikasi dan landscaping dengan kegiatan pengecatan marka jalan, pemeliharaan guard rail, jembatan/JPO/overpass, pembatas beton, dan penanaman serta perawatan pohon,” tutup Hedy.

Tags : Mudik Lebaran , Arus Mudik , Kemenhub