Implementasi Transformasi, Kemenkes Gandeng TNI

| Rabu, 29/03/2023 23:06 WIB
Implementasi Transformasi, Kemenkes Gandeng TNI Kementerian Kesehatan menggandeng TNI dalam mengimplementasikan transformasi Kesehatan (foto: kemenkes)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah, dalam menjalankan program transformasi Kesehatan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggandeng Tentara Nasional Indonesia (TNI). Hal ini dilakukan untuk menangkal ancaman kesehatan yang akan terjadi.

“Kementerian Kesehatan kerjasamanya sangat baik dengan TNI, untuk itu kita harus merumuskan lebih matang lagi sehingga kedepan bisa lebih baik. Kita sudah melakukan transformasi kesehatan, intinya adalah untuk menjaga keselamatan bangsa, itu yang lebih utama” ucap Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin di Jakarta, Rabu, 29 Maret 2023.

Begitu juga kata Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono bahwa upaya implementasi transformasi kesehatan didukung oleh TNI sebagai bagian dari sub sistem kesehatan nasional.

“TNI akan membantu kemenkes untuk bersama menyelesaikan permasalahan kesehatan, kita bisa bantu masyarakat di bidang kesehatan dengan seperti menjangkau wilayah di pulau-pulau” tambah Panglima TNI Yudi Margono.

Panglima TNI Yudi Margono menekankan, pada upaya transformasi layanan primer TNI akan memperkuat aktivitas promotif dan preventif, memperbanyak skrining kesehatan dan meningkatkan layanan primer.

Sementara itu, lanjut Panglima TNI Yudi Margono, pada pilar transformasi layanan rujukan, TNI fokus meningkatkan kualitas serta pemerataan layanan kesehatan. Lalu pada pilar ketahanan kesehatan, TNI harus mampu mempertahankan sistem kesehatan yang baik di tengah ancaman kesehatan global terkait produksi dan distribusi kefarmasian dan alkes.

“Pada pilar keempat, TNI harus mampu memberi kemudahan dan kesetaraan akses layanan kesehatan terutama bagi masyarakat kurang mampu,” jelasnya.

Begitu juga Pada pilar kelima, kata Panglima TNI Yudo Margono, TNI harus mampu memenuhi distribusi nakes di seluruh Indonesia, “Dan pada pilar terakhir TNI harus mampu beradaptasi dan memanfaatkan teknologi terkini agar digitalisasi dunia kesehatan segera terwujud,” tukasnya.

Tags : Pilar Kesehatan , Kemenkes

Berita Terkait