Neng Eem Dorong Penambahan Lahan Parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta

| Kamis, 30/03/2023 21:36 WIB
Neng Eem Dorong Penambahan Lahan Parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta Neng Eem Marhamah (Anggota Komisi V DPR RI FPKB). (Dok FPKB)

RADARBANGSA.COM - Anggota Komisi V DPR RI, Neng Eem Marhamah menanggapi terkait lahan parkir di Stasiun Tugu Yogyakarta. Persoalan lahan parkir yang sempit menjadi temuan Komisi V DPR RI saat meninjau kesiapan angkutan mudik tahun ini.

Menurut Neng Eem, secara umum Stasiun Tugu Yogyakarta sudah siap menyambut para pemudik pada lebaran tahun ini. Semua sarana dan fasilitas diperbaiki.

Sebagai bangunan peninggalan sejarah (heritage), stasiun ini juga terjaga dengan baik. Hanya saja lahan parkir masih terlau sempit, sehingga menyulitkan para penumpang yang berdatangan untuk mengakses moda transportasi kereta api. 

"Angkutan kereta di Stasiun Yogyakarta sudah bagus untuk menyambut angkutan lebaran. Kereta api lebih akurat dari sisi waktu dan tempat duduk. Harga tiket kereta juga tak melebihi batas atas. Hanya persoalan yang kita temukan di lapangan adalah kroditnya tempat parkir. Tapi ini wajar, karena Stasiun Tugu itu memang sudah lama dan heritage. Lahannya memang terbatas," ujar Politisi PKB ini.

Disampaikannya, ke depan dalam jangka panjang, persoalan lahan parkir harus dipikirkan otoritas stasiun, terutama DAOP 6 Yogyakarta. Ia mengatakan, kelak lahan parkir di Stasiun Tugu bisa didesain ke atas atau bangunan vertikal, bukan ke samping dengan tetap memperhatikan estetikanya. 

"Karena ini heritage harus dilestarikan. Dijaga bentuk dan keindahannya. Dikembagkan tanpa memugar," tutup legislator dapil Jabar III itu.

Tags : DPR RI , Lahan Parkir , Stasiun Tugu , Yogyakarta