Indonesia Dukung Tiga Isu Prioritas di Forum Presidensi G20 India

| Kamis, 06/04/2023 19:45 WIB
Indonesia Dukung Tiga Isu Prioritas di Forum Presidensi G20 India Forum Presidensi G20 India (foto: kemnaker)

RADARBANGSA.COM - Pemerintah Indonesia mendukung tiga isu prioritas yang dibahas pada forum Presidensi G20 India. 

Ketiga isu  yang disampaikan melalui Kementerian Ketenagakerjaan tersebut, adalah bagaimana mengatasi kesenjangan keterampilan global, perlindungan sosial memadai bagi pekerja berbasis platform digital, dan pembiayaan perlindungan sosial berkelanjutan. 

“Indonesia siap melakukan diskusi aktif dan kolaborasi untuk mengeksplorasi ide serta pengalaman guna memberikan rekomendasi kebijakan yang bertujuan mempromosikan hak-hak buruh dan kesejahteraan buruh di dunia kerja,” kata Kepala Biro Kerja Sama, Muhammad Arif Hidayat dalam rilisnya, Rabu, 5 April 2023.

Arif mengungkapkan, pandemi COVID-19 telah menimbulkan dampak berkelanjutan seperti adanya krisis geopolitik yang membebani pasar tenaga kerja dan masyarakat global yang rentan seperti kelompok pekerja perempuan, pemuda, serta penyandang disabilitas.

“Kami tetap prioritaskan untuk memanfaatkan peluang dan memitigasi dampak buruk bagi pasar tenaga kerja guna mencapai pekerjaan yang inklusif, berkelanjutan, layak, serta mengurangi ketidaksetaraan," ujar Arif.

Arif menuturkan, Indonesia terus melakukan konsultasi bersama mitra sosial untuk mempromosikan pekerjaan berkelanjutan melalui akses ke perlindungan sosial yang memadai dan komprehensif.

"(Indonesia) berkomitmen mengatasi kesenjangan keterampilan global dengan mengidentifikasi kebutuhan keterampilan dan menyelaraskan klasifikasi keterampilan kerja," tukasnya.

Tags : Presidensi G20 India , Kemnaker

Berita Terkait