Pertamina Regional Jateng Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran

| Selasa, 11/04/2023 22:32 WIB
Pertamina Regional Jateng Pastikan Stok BBM Aman Selama Mudik Lebaran Seorang petugas saat mengisi BBM ke konsumen (foto: pertamina)

RADARBANGSA.COM – PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah membentuk Satuan Tugas (Satgas) Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 1444 Hijriyah yang dibentuk sejak 1 April hingga 2 Mei 2023.

Hal itu dilakukan untuk memastikan keamanan dan ketersediaan stok BBM, LPG, dan Avtur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) khususnya jelang Idul Fitri.

“Selama periode Satgas Rafi 2023, tren konsumsi BBM wilayah Jateng dan DIY diestimasikan mengalami peningkatan,” kata Executive General Manager Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Patra Niaga, Aji Anom Purwasakti.

Aji memaparkan bahwa BBM jenis Gasoline (Pertalite dan Pertamax Series) diprediksi naik 29 persen bila dibandingkan rata-rata harian norma Januari-Februari 2023 dari 12.733 Kilo Liter (KL) menjadi 16.412 KL.

Sementara itu, untuk BBM jenis Gasoil (Biosolar dan Dex Series) mengalami penurunan 1,7 persen dari normalnya 6.614 KL menjadi 6.504 KL,” Penurunan ini disebabkan pada saat periode Idul Fitri terjadi penurunan kegiatan industri. Sedangkan untuk LPG (PSO & Non-PSO),” paparnya.

Menghadapi musim mudik tahun ini, lanjut Aji, Pertamina menyiagakan penambahan stok hingga 3,7 persen dibandingkan rata-rata konsumsi harian atau setara dengan lebih dari 4,46 Metrik Ton (MT) dari rata-rata normalnya 4,3 MT.

Tidak hanya memastikan kesediaan suplai BBM, Pertamina Patra Niaga juga menjamin ketersediaan LPG termasuk di wilayah Jateng & DIY. Hal ini dilakukan dengan menambah armada mobil tangki, menyiapkan 750 Agen Siaga dan 4.832 Pangkalan Siaga PSO serta 882 Outlet Non-PSO yang beroperasi saat liburan. Bahkan khusus wilayah dengan permintaan tinggi, beberapa Agen LPG disiagakan 24 jam.

“Melalui Pertamina Delivery Service, konsumen dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 dan kami akan mengirimkan tabung Bright Gas dari agen LPG terdekat kami,“ ungkapnya.

Tags : BBM , Pertamina , Mudik Lebaran

Berita Terkait