Yayasan Talibuana Gelar Syukuran Khusus Gus Imin Plus Harlah PMII ke-63

| Selasa, 18/04/2023 13:33 WIB
Yayasan Talibuana Gelar Syukuran Khusus Gus Imin Plus Harlah PMII ke-63 Yayasan Tribuana menggelar syukuran khusus untuk Gus Imin dan Harlah PMII ke-63, Senin (17/4). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Yayasan Talibuana Nusantara menggelar syukuran Soliditas dan Solidaritas dalam rangka Hari Lahir Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang ke-63, Senin, 17 April 2023. 

Ketua Yayasan Talibuana Nusantara Endin AJ. Soefihara mengatakan, syukuran ini juga dilakukan untuk Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Gus Imin yang merupakan mantan Ketua Umum PB PMII. 

"Dalam rangka apa kita melakukan syukuran ini? Dalam rangka mengembangkan, memantapkan membangun solidaritas dan soliditas pergerakan," kata Endin dalam sambutannya. 

Endin pun membandingkan bagaimana perilaku pengikut Nabi Musa AS dengan pengikut Nabi Muhammad SAW. Perilaku sahabat Nabi Musa ketika pemimpinnya dalam keadaan terdesak mereka justru menyerahkan kepada kepemimpinan Nabi Musa, apakah bisa menyelamatkan. 

Berbeda dengan ketika Nabi Muhammad SAW berada dalam kesulitan bersama sahabatnya, tidak saling mengandalkan tapi Alquran menggambarkan ilmu filosofi "La Tahzan Innallaha ma'ana jangan bersedih, Allah bersama kita." 

"Kalimatnya adalah menggunakan 'kita' dan saya ingin mengatakan kepada sahabat-sahabat semua alumni PMII, persahabatan yang ada di PMII adalah persahabatan dalam kategori ke-kitaan. Siapapun kita dalam keadaan seperti apapun kita harus menunjukkan rasa ke-kitaan. Apakah sahabat kita dalam keadaan susah, apa sahabat kita dalam senang semuanya berada dalam koridor kesamaan dalam bahasa ke-kitaan itulah yang disebut dengan solidaritas dan soliditas pergerakan," terang Endin.  

Artinya, kata Endin, setiap kader PMII dan para alumninya berada di mana-mana anggap saja itu sebagai sebuah keragaman, bukan perbedaan. "Toh pada akhirnya kumpul pada tikar yang sama, di bawah tenda yang sama. Begitu pergi ke mana-mana yang penting pulangnya bawa apa-apa dari mana-mana," terangnya. 

Dalam kesempatan yang sama Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid menyampaikan salam dari Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar yang saat ini masih ada kegiatan di luar kota. 

"Beliau (Gus Imin) mengucapkan terima kasih sekali. Syukuran ini menandakan bahwa apa yang selama ini diisukan kepada beliau dan sebagainya memang sudah benar-benar salah dan tidak pada tempatnya," kata Hasan. 

Apalagi, kata dia, sudah ada putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang menunjukkan bahwa sudah dijawab baik oleh semua pihak dan putusan pengadilan. 

"Artinya syukuran ini adalah syukuran bukan untuk hanya beliau, syukuran ini adalah syukuran kita semuanya, untuk kita semua, siapapun di antara kita yang kemudian mendapatkan cobaan isu dan sebagainya itu selalu bisa kita hadapi jika kita bersama," ungkapnya.

Tags : Yayasan Tribuana , PMII , Gus Imin , Syukuran

Berita Terkait