Terima Kunjungan Anggota Kongres AS, Presiden Jokowi Bahas Sejumlah Isu

| Kamis, 04/05/2023 20:06 WIB
Terima Kunjungan Anggota Kongres AS, Presiden Jokowi Bahas Sejumlah Isu Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @jokowi)

RADARBANGSA.COM - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan delapan anggota kongres Amerika Serikat di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (03/05/2023) kemarin.

Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menyampaikan, Presiden Jokowi dan para anggota kongres membahas sejumlah isu, salah satunya terkait pentingnya meningkatkan kemitraan setara atau equal partnership di antara kedua negara.

“Jadi partnership kemitraan yang didasari oleh kesetaraan dan menghasilkan kerja sama yang sifatnya win-win. Ini betul-betul ditekankan oleh kedua belah pihak, equal partnership,” kata Menlu Retno Marsudi.

Kata Menlu Retno, Presiden Jokowi juga membahas limited free trade agreement antara Indonesia dengan Amerika Serikat. Tak lupa, Presiden juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Amerika Serikat terhadap keketuaan Indonesia di ASEAN.

 “Presiden juga mengharap agar Amerika terus memberikan dukungan, support terhadap implementasi dari ‘ASEAN Outlook on the Indo-Pacific’,” ungkap Menlu Retno.

Tak hanya itu, lanjut Menlu Retno, Presiden juga menyampaikan tekad kuat Indonesia untuk membangun industri hilir dan harapan Indonesia untuk menjadi bagian dari rantai pasok Amerika Serikat serta dunia.

“Presiden juga mengharapkan agar fasilitas GSP (generalized system of preferences) mendapatkan dukungan untuk dilanjutkan untuk Indonesia,” ucap Menlu Retno.

Tags : Presiden Jokowi , Kongres AS

Berita Terkait