Pertama di Tanah Papua, Kabupaten Sorong Selatan Berhasil Eliminasi Malaria

| Kamis, 04/05/2023 21:30 WIB
Pertama di Tanah Papua, Kabupaten Sorong Selatan Berhasil Eliminasi Malaria Ilustrasi Nyamuk Malaria (foto: dinkeskalbarprovgoid)

RADARBANGSA.COM – Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan, Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat Daya, berhasil mengeliminasi malaria untuk yang pertama di tanah Papua.

“Kami harapkan adanya satu kabupaten (yang berhasil eliminasi malaria) ini di tahun-tahun mendatang akan lebih banyak lagi kabupatennya/kota yang mengikuti seperti Sorong Selatan,” ujar Maxi Rein Rondonuwu dalam rilisnya, Kamis, 4 Mei 2023.

Menurut Maxi, paling banyak kontribusi kasus malaria di wilayah timur antara lain Papua, Papua Barat, Maluku, dan NTT. Hampir 89% kasus malaria masih ada di wilayah-wilayah tersebut. Namun demikian tahun ini satu kabupaten di Papua Barat Daya yaitu Sorong Selatan bisa mencapai eliminasi.

Untuk itu, lanjutnya, peran pemerintah daerah dan lintas sektor diperlukan untuk mendorong percepatan eliminasi malaria. Ia berharap Pemda khususnya di wilayah timur Indonesia untuk segera mengejar eliminasi malaria.

“Harapan kami malaria di Indonesia betul-betul bisa dikendalikan, khususnya di wilayah timur. Kami harapkan tentu peran daripada bupati, walikota, dan juga gubernur untuk mendorong daerah melakukan percepatan eliminasi malaria,” harapnya.

Tags : Malaria , DBD , HIV , TBC , Indonesia , Kemenkes

Berita Terkait