Wapres Maruf Amin Ajak Tokoh Agama Terus Berperan Wujudkan Perdamaian Dunia

| Senin, 22/05/2023 20:40 WIB
Wapres Maruf Amin Ajak Tokoh Agama Terus Berperan Wujudkan Perdamaian Dunia KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin mengajak para tokoh agama di dunia untuk terus berperan dalam mewujudkan perdamaian dunia. 

"Para ulama dan tokoh agama di dunia diharapkan dapat semakin mengambil bagian dalam perumusan tatanan global demi terwujudnya dunia yang lebih adil dan lebih damai," ujar Kiai Maruf dilansir dari antaranews, Senin, 22 Mei 2023.

Selain itu, Wapres mengharapkan para tokoh agama juga mampu menjadi sosok pencerah dan penerang dalam upaya menyelesaikan persoalan-persoalan global, terutama terkait isu-isu ketimpangan, kemiskinan, konflik, perang, dan juga kerusakan lingkungan. 

"Dalam konteks ini, saya mengajak para ulama dan tokoh agama untuk terus mendorong terwujudnya substansi etika global (global ethics) yakni saling memahami (mutual understanding), saling menghormati (mutual respect), saling ketergantungan(interdependence), dan kerja sama (cooperation) di antara bangsa-bangsa di dunia," tuturnya.

Dia mengatakan pada masa lalu para pendahulu bangsa mampu membangun pusat-pusat peradaban di Indonesia mulai dari Kesultanan Aceh, Kesultanan Indrapura di Sumatra Barat, Kesultanan Banten, Kesultanan Cirebon, Kesultanan Demak, sampai Kesultanan Tidore dan Ternate yang pengaruhnya hingga ke Papua.

"Ini adalah warisan. Oleh karena itu tugas-tugas ini harus kita lanjutkan tidak hanya secara nasional tapi secara global bersama dengan tokoh-tokoh islam dunia membangun dunia yang lebih aman damai dan lebih baik lagi," ucapnya.

Tags : Wapres RI , Tokoh Agama , Perdamaian Dunia