Menaker Ida Fauziyah Paparkan Strategi Wujudkan Keadilan Sosial di Dunia Kerja

| Selasa, 13/06/2023 18:57 WIB
Menaker Ida Fauziyah Paparkan Strategi Wujudkan Keadilan Sosial di Dunia Kerja Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, memimpin delegasi Indonesia dalam rangkaian acara Konferensi Perburuhan Internasional atau International Labour Conference (ILC) ke-111 yang diselenggarakan di Jenewa, Swiss pada tanggal 5-16 Juni 2023.

Dalam menyampaikan pidatonya, Menaker Ida Fauziyah, menyampaikan 3 hal yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan keadilan sosial di dunia kerja. Pertama, menekankan pentingnya akses ke pekerjaan yang penuh dan produktif serta pembelajaran sepanjang hayat.

“Saya mendorong International Labour Organization (ILO) dan anggotanya untuk mengembangkan strategi keterampilan yang kuat dan mempercepat program pendidikan dan pelatihan yang sesuai untuk masa depan,” kata Menaker Ida Fauziyah.

Kedua, lanjut Menaker Ida Fauziyah, revitalisasi lembaga pasar kerja adalah kunci dalam mengurangi ketidaksetaraan di dunia kerja. “Perlunya dialog sosial untuk memastikan akses dan manfaat yang adil bagi pekerja rentan, seperti pekerja migran, pekerja sektor pertanian dan kesehatan, pekerja dengan disabilitas, serta pekerja perempuan dan pekerja muda,” katanya.

Terakhir, meningkatkan kualitas dan kondisi dunia kerja melalui pelindungan pekerja dalam mendukung transisi yang berkeadilan akibat perubahan iklim.

“Untuk itu, perlunya akses pekerja terhadap pelindungan sosial yang komprehensif melalui keterlibatan semua pemangku kepentingan dan kerja sama internasional yang lebih luas,” tukas Menaker Ida Fauziyah.

Tags : Sidang ILC , Kemnaker , Ketenagakerjaan

Berita Terkait