Indonesia-Uzbekistan Sepakat Perkuat Kerja Sama di Berbagai Bidang

| Rabu, 14/06/2023 20:29 WIB
Indonesia-Uzbekistan Sepakat Perkuat Kerja Sama di Berbagai Bidang KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI). (Foto: twitter @Kiyai_MarufAmin)

RADARBANGSA.COM - Indonesia dan Uzbekistan menyepakati untuk memperkuat kerja sama di berbagai bidang. Hal tersebut terungkap setelah Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Maruf Amin melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri (PM) Uzbekistan, Abdulla Nigmativich Aripov di Gedung Kabinet Menteri Uzbekistan, Selasa, 13 Juni 2023.

"Saya senang kerjasama bilateral kedua negara kita terus berjalan baik. Dan harus terus kita tingkatkan. Saya harap ke depan kita dapat pererat hubungan kerjasama ini.Termasuk melalui saling kunjung antar pemimpin dan pejabat negara kita," kata Kiai Maruf dilansir dari laman resmi Wapres RI, Rabu, 14 Juni 2023.

Lebih lanjut, Wapres menyampaikan tiga poin penting untuk memperkuat kerjasama antar Indonesia dan Uzbekistan. Pertama, Wapres berharap adanya peningkatan kerjasama di bidang perdagangan dan industri, khususnya melalui produk-produk unggulan baru. Data menunjukan bahwa nilai kerja sama di bidang ini mencapai USD 82,5 juta di tahun 2022 yang merupakan sebuah capaian yang sangat baik.

"Saya harap jumlah ini dapat kita tingkatkan. Termasuk melalui sektor unggulan baru, seperti produk halal," imbuh Wapres.

Sebab, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki keunggulan dalam produk halal, seperti; makanan, minuman, dan komestik. "Mari kita mulai jajaki kerja sama untuk produk ini, salah satunya melalui saling pengakuan sertifikasi halal kedua negara," tuturnya.

Wapres juga menyampaikan apresiasi yang tinggi atas penerimaan yang baik dalam kunjungan kerjanya beserta delegasi ke Uzbekistan dan berharap ke depan akan semakin banyak langkah konkret yang dihasilkan untuk memperkuat hubungan antara Indonesia dan Uzbekistan.

Tags : Wapres RI , Kunjungan Kehormatan , Indonesia , Uzbekistan