Siap-siap! Dindik Kota Tangerang Bakal Buka Pendaftaran Siswa Baru Tingkat SMP

| Selasa, 20/06/2023 20:52 WIB
Siap-siap! Dindik Kota Tangerang Bakal Buka Pendaftaran Siswa Baru Tingkat SMP Kantor Pusat Pemerintahan Kota Tangerang (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Dindik) dalam waktu dekat, akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP Negeri, pada 26 Juni mendatang.

Kepala Dindik, Kota Tangerang, Jamaluddin mengungkapkan PPDB SMP Negeri dibuka di 34 SMP Negeri yang tersebar di Kota Tangerang. Para calon peserta didik, dapat mendaftarkan dirinya melalui empat jalur yang dibuka.

“Mulai dari jalur Zonasi, Afirmasi, Perpindahan Orangtua dan Jalur Prestasi,” kata Jamaluddin di Tangerang, Selasa, 20 Juni 2023.

Sementara itu, jelas Jamaluddin, terkait daya tampungnya, melalui jalur Zonasi memiliki persentase paling tinggi yaitu 50 persen, jalur Afirmasi 15 persen, jalur Perpindahan orangtua lima persen dan jalur prestasi sebesar 30 persen.

“Sedangkan untuk jalur Prestasi, juga memiliki ketentuan sendiri. Dimana lomba-lomba dengan kapasitas lima persen, nilai rapor 20 persen, nilai rapor domisili lima perse,” jelasnya.

Untuk itu, Jamaluddin mengimbau, orangtua atau wali murid saat ini untuk lebih dulu memastikan data diri anak telah terdaftar dalam Pra-PPDB. Dimana, Pra-PPDB sudah dibuka sejak 11 April lalu dan akan berakhir 12 Juli mendatang, melalui laman website pendaftaran Pra-PPDB melalui website di prappdb.tangerangkota.go.id.

“Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi data calon peserta didik untuk mendapatkan Personal Identifucatin Number (PIN). Petugas akan memberikan PIN melalui pesan whatsapp ke nomor yang diinput orang tua atau wali murid saat menguopload kelengkapan dokumen,” tukasnya.

Tags : Kota Tangerang , Digital , Pendaftaran SMP